Current Issues

Nyadar Gak, Ada yang Baru di Tampilan Hasil Pencarian Google Search?

Mainmain.id

Posted on January 17th 2020

Jika kalian punya rutinitas melakukan pencarian informasi langsung di Google Search, mungkin akan merasa ada yang berbeda beberapa hari belakangan. Tampilan hasil pencarian Google search terlihat baru.

Ya, tampilan Google Search tidak seperti sebelum-sebelumnya. Salah satu yang sangat mencolok adanya munculnya favicon website yang muncul di hasil pencarian.

Dikutip dari 9to5google.com, Google sebenarnya sudah sejak tahun lalu memberitahukan akan melakukan perubahan desain hasil pencarian di search engine-nya. Google akan memperlihatkan favicon sebuah website, serta menambahkan label 'Ad' untuk hasil pencarian yang muncul karena iklan.

Dalam desain barunya ini, Google mensejajarkan posisi website yang keluar di hasil pencarian karena beriklan atau karena faktor organik (SEO = search engine optimization).

Beda website yang keluar karena hasil iklan dan organik hanya terletak pada ada tidaknya favicon. Website yang keluar di hasil pencarian karena faktor organik, akan keluar favicon-nya.

Sementara website yang keluar di hasil pencarian karena iklan, akan ada ada labelnya 'Ads'. Posisi label itu yang sama dengan favicon. Jadi bedannya kini benar-benar tipis.

Berbeda dengan sebelumnya, website-website yang keluar di hasil pencarian karena beriklan mendapatkan tempat di posisi tapi diberi kotak. Sangat terlihat mencolok. Dari tahun ke tahun Google memang terkesan makin menyamarkan perbedaan website yang muncul karena iklan dan organik.

 

 

Perbedaan lain dari perubahan desain Google Search adalah struktur yang ditampilkan. Jika dulu yang ditampilkan paling atas adalah Title, lalu url/link, dan meta description. Nah, sekarang di balik. Url/link, lalu Title, baru meta description.

Secara tampilan sih memang terlihat lebih enak dipandang. Simpel. Cuma ya itu tadi kekurangannya, orang awam akan lebih sulit membedakan mana website yang muncul karena iklan dan faktor organik.(*)

 

Related Articles
Current Issues
On This Date: 14 Februari 2005, YouTube Bermula dari Situs Kencan Online

Current Issues
Dua Pekan Google Dedikasikan Doodle untuk Mereka yang Berjasa Perangi Covid-19

Current Issues
Hadapi Hoaks Seputar Covid-19, WHO Rilis Aplikasi 'WHO MyHealth'