Current Issues

Apakah Patah Hati Bisa Buat Kamu Mati?

Surya Dipa Nusantara

Posted on January 16th 2020


Apakah Patah Hati Bisa Buat Kamu Mati? 

 

Sebuah mitos lawas menceritakan, kehilangan akibat terburuk dari patah hati adalah meninggal dunia. Sebagian mengira bahwa cerita itu hanya isapan jempol belaka. Tapi, nyatanya hal itu benar adanya. Misalnya, banyak orang yang setelah kehilangan orang yang ia sayangi, keadaanya semakin memburuk, dan wafat.

Seperti musisi Johnny Cash misalnya. Setelah sang istri, June Carter Cash, berpulang pada 2003, kondisi kesehatan musisi rockabily ini juga semakin merosot. Ia yang juga menderita diabetes tak mau diobati dan pergi ke rumah sakit. Satu-satunya kegiatannya hanya mabuk-mabukan. Akhirnya, pada 12 September 2003, beberapa bulan setelah June mangkat, Johnny Cash mengikuti. Ia pergi dari dunia untuk selama-lamanya.

Namun, diabetes dan alkohol bukan satu-satunya penyebab kematian Johnny Cash. Tetapi, yang paling berdampak besar adalah patah hati yang dideritanya. Selain Cash, ada kasus-kasus kematian mendadak karena patah hati. Jika ditilik dari sisi ilmiah, itu semua ada penyebabnya.

Peneliti menyebut dampak patah hati yang berakibat hingga kematian itu sebagai Takotsubo Cardiomyopathy atau disebut juga sebagai sindrom balon. Dalam bahasa Jepang, arti dari Takosubo adalah jebatan gurita. Hal itu merujuk pada bagaimana masalah tentang kehilanggan bisa berkembang dan membunuh kita.

Sasaran serangan dari Takotsubo Cardiomyopathy adalah jantung. Biasanya, para penderita akan merasakan sesak napas, karena darah yang menggumpal. Hal itu disebabkan oleh lonjakan emosional yang ekstrim. Yang paling rawan terkena penyakit laten ini adalah perempuan. Dalam sebuah penelitian di New England Journal of Medicine, dari 19 kasus, 18 diantaranya adalah perempuan.

Dua peneliti jurnal tersebut Abhishek Maiti dan Abhijeet Dhoble, dua ilmuwan itu mengatakan bahwa penyakit ini bisa menumbangkan mereka yang tampak sehat-sehat saja. (*)

Related Articles
Current Issues
Ilmuwan NASA 'Jelajahi' Mars Secara Remote dari Rumah Masing-masing

Current Issues
5 Ilmuwan Perempuan Berbakat di Bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika

Current Issues
5 Mitos Soal Corona yang Wajib Kalian Hindari!