Entertainment

Cara K-Poppers Lawan Sajaegi: Dengerin Lagu Day6 sampai Masuk Chart Melon

Ketemu sama the lord of broken heart-nya Korea Selatan

Delima Pangaribuan

Posted on January 14th 2020

Cara K-Poppers Lawan Sajaegi: Dengerin Lagu Day6 sampai Masuk Chart Melon

 

Sudah tiga tahun sejak 'You Were Beautiful' milik DAY6 dirilis 6 Februari 2017 lalu. Di dunia persilatan KPop, lagu ini sudah terkenal banget bahkan dijuluki lagu patah hati yang legend. Kombinasi lirik yang menohok dan musik slow rock yang menyayat hati, wajar kalau lagu DAY6 ini jadi favorit banyak KPopers patah hati.

Lagu legend ini tiba-tiba saja populer lagi. Media sosial, khususnya Twitter, mendadak heboh dan beberapa kali bikin trending gara-gara lagu DAY6 yang satu ini. Bahkan, 'You Were Beautiful' berhasil masuk chart lagi! Melansir Soompi, lagu ciptaan Young K dan Wonpil (member DAY6) ini masuk lagi ke chart Melon sejak pukul 01.00 KST Selasa (14/1).

'You Were Beautiful' menempati ranking 52, yang bahkan menurut catatan Melon merupakan ranking tertinggi lagu itu selama pernah masuk Melon. Pencapaian itu pun langsung bikin Jae, salah satu membernya, nge-share di Twitter pribadinya. "Wild," begitu tulisnya.

Di chart Bugs, bahkan lagu itu menempati urutan ke-11! Sementara di situs musik Genie, 'You Were Beautiful' menempati urutan ke-25. Young K nggak kalah kaget. Dia ikutan nge-share chart Melon di Instastory-nya. "Ada apa ini? Makasih semuanya," ungkap Young K.

Jangankan DAY6 sebagai yang punya lagu, My Day aja ikutan kaget lagu itu bisa masuk chart lagi. My Day Korea dan internasional pun sempat bikin tagar buat ngerayain masuknya 'You Were Beautiful' ke chart, yakni #데이식스예뻤어_1037일의기적 (Keajaiban 'You Were Beautiful' DAY6 di hari ke-1037).

Fans pun gatal untuk menduga-duga apa yang bikin lagu yang terkenal dengan teriakan "yeppeosseo"-nya itu nge-hype lagi. Menurut TopStarNews, seperti dikutip Soompi, hal itu dikarenakan obrolan komunitas online. Mereka lagi cari lagu yang cocok dinaikkan ke chart, tapi bukan hasil 'sajaegi' alias manipulasi.

Penjelasan itu juga bisa ditemukan di Reddit. Salah satu user @joesen_one bilang kalau seorang warganet di Daum (situs Korea Selatan) minta rekomendasi lagu apa yang harusnya ada di puncak chart dibandingkan lagu-lagu lain yang diduga 'sajaegi'. "Seseorang menyarankan 'You Were Beautiful'. Orang-orang pun mulai mencari DAY6 dan mendengarkan streaming lagu itu sehingga lagunya bisa muncul lagi di chart," jelasnya.

Nggak cuma 'You Were Beautiful', warganet menemukan beberapa lagu DAY6 lainnya juga masuk pencariam populer di Melon. Di antaranya 'Time of Our Life', 'Days Gone By', 'I Loved You', 'Congratulation', dan 'Letting Go'. "Banyak banget lagu DAY6 yang trending di Popular Search Melon. DAY6 berkembang!" ungkap @jaesixr.

Di Indonesia sendiri, DAY6 sempat trending Minggu (12/1). Bukan karena postingan 'sajaegi' itu sih, tapi karena lagu DAY6 membahana di Friday Noraebang, sebuah acara musik dan karaoke bertema KPop di Jakarta. Akun Instagram dan Twitter @fridaynoraebang sempat nge-share situasi di mana banyak sadboi nyanyi bareng 'You Were Beautiful' dengan fasih seolah-olah itu himne wajib.

"Lagu kebangsaan My Day cabang Jaksel," cuit akun @destaniiia di Twitter.

Kalau Indonesia punya Didi Kempot, KPopers punya DAY6 as the lord of broken heart. Selamat, DAY6! (*)

Baca juga: Ramai Dibicarakan, Sebenarnya Apa Itu 'Sajaegi'?

RM 'BTS' Ikut Bicara Soal Sajaegi di Golden Disc Awards 2020

Mulai IU sampai Sunmi Komentari Sajaegi yang Dibahas SBS 'Unanswered Questions'

Diduga Terlibat Manipulasi Digital, Pledis Buka Suara Soal NU'EST W

Akibat Skandal Manipulasi, IZ*ONE dan X1 Didepak dari Golden Disc Awards

Related Articles
Entertainment
RM 'BTS' Ikut Bicara Soal Sajaegi di Golden Disc Awards 2020

Entertainment
Mulai IU sampai Sunmi Komentari Sajaegi yang Dibahas SBS 'Unanswered Questions'

Entertainment
Kenapa 'Black Swan' BTS Bikin Nagih di Telinga? ini 'Racikan' Rahasianya

Meet The Creator



Delima Pangaribuan

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda