Pop-Sci

Mengenal Istilah Ghosting, Haunting dan Breadcrumbing dalam Hubungan Romantis

Regina

Posted on January 14th 2020

Mengenal Istilah Ghosting, Haunting dan Breadcrumbing dalam Hubungan Romantis (Heavy)

 

Kalau sekarang tren istilah hubungan zombie, yakni bangkitnya cinta lama yang sudah mati (Baca: Setelah Ghosting, Terbitlah Zombie-ing), kalian perlu tahu istilah lain biar ngga kudet soal relationship.

Apa aja itu? Simak ulasan di bawah yang dilansir dari Psychology Today:

 

Ghosting

Ini adalah istilah lama, dan umum terjadi. Yakni merujuk pada hubungan hilang tanpa kabar. Umum banget ngga sih? Si doi biasanya suka hilang tanpa kabar sampe berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan padahal status kalian masih berpacaran. Apa ngga bikin kezel tuh? 

Biasanya dialami mereka yang punya hubungan LDR (Long Distance Relationship). Karena ghosting rawan bagi mereka yang punya hubungan dengan mengandalakan cellphone. Ghosting juga bisa dijadikan sarana untuk memutuskan hubungan.

Misalnya, si doi ngga berani bilang putus jadi salah satu caraya adalah menghilang secara perlahan.

 

Haunting

Ini sedikit berbeda dengan ghosting. Haunting terjadi saat kamu tiba-tiba di-chat lagi dari pasanganmu yang sudah menghilang tadi. Doi ngga ada kabar selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun eh tiba-tiba notif di HP muncul ‘Hai, apa kabar’ dari si doi. Rasanya antara ingin menghujat, seneng, atau bahkan marah.

Tapi haunting ngga melulu doi tiba-tiba muncul dan nge-chat. Bisa aja terjadi tiba-tiba dia ‘like’ atau komen unggahan di media sosialmu. Ini model haunting tidak langsung. Atau sederhananya doi nitip salam ke temen kamu, dan temenmu menyampaikan salamnya. Kzl emang, maunya apa sih?

 

Breadcrumbing

Kalau ini hubungan yang cuma sebatas flirting alis cuma modus doang ngga maju-maju. Dan orang yang melalukan breadcrumb ini justru rajin, hampir kaya pdkt (pendekatan) tapi ya ngga maju-maju. Pertama-tama mungkin seru ya, digoda dan doi sering banget muncul di notif. Entah DM (Direct Message), dan komentar.

Tapi lama-lama jadi annoying juga. Melansir Huffpost, para breadcrumb-er ini biasanya menyerang pada hubungan yang berbasis online. Ya, cuma flirting aja ngga mau ketemu gitu. Bahkan jarang ngechat secara pribadi.

 

Nah, kalian pernah kena yang mana nih? Atau kalian malah pelakunya? Yaudah, yang penting jangan baper di depan ya guys. (*)

 

Related Articles
Pop-Sci
Setelah Ghosting, Terbitlah Zombie-ing

Pop-Sci
Nggak Nyaman Share Hal Pribadi di Medsos? Hindari Oversharing dengan 3 Tips Ini!

Pop-Sci
Banjir Bisa Bikin Manusia Merasakan 'Eco-Anxiety', Apa Itu?

Meet The Creator



Delima Pangaribuan

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda