Current Issues

Hujan Diramalkan akan Guyur Australia, Tapi Tak Cukup untuk Padamkan Kebakaran

Delya Oktovie Apsari

Posted on January 13th 2020

Hujan Diramalkan akan Guyur Australia, Tapi Tak Cukup untuk Padamkan Kebakaran (CNN)

 

Hujan lebat diramalkan akan turun minggu ini di Australia. Namun, juru bicara New South Wales (NSW) Rural Fire Service (RFS), Anthony Bradstreet, mengatakan hujan yang turun diperkirakan tidak cukup untuk memadamkan api yang menjalar melintasi negara.

Dilansir dari The Guardian, hujan diramalkan turun di pantai tengah dan utara pada Senin (13/1), kemudian hujan disertai petir turun diramalkan mengguyur NSW pada hari Kamis (16/1).

Namun, hujan yang akan datang dirasa tidak akan sanggup memadamkan kebakaran hutan yang sudah sangat parah.

"Dengan masa kekeringan yang kita alami, kita memerlukan curah hujan yang konsisten selama periode yang panjang, untuk mendapatkan kadar air yang cukup supaya dapat memadamkan api... yang tidak mungkin (terjadi)," kata Bradstreet.

RFS menyebut, lebih dari 100 titik api masih terbakar melintasi negara dan bakal membutuhkan waktu cukup lama untuk benar-benar terkontrol. Masih ada 36 titik api yang terbakar hebat.

Kebakaran gunung Gospers yang telah terbakar selama dua setengah bulan akhirnya berhasil dikontrol pada Minggu (12/1).

"Setelah petir memulai kebakarannya pada 26 Oktober, itu telah membakar lebih dari 512.000 hektare melintasi Lithgow, Hawkesbury, Hunter Valley, Cudgegong, Blue Mountains dan area pemerintahan lokal Central Coast," jelas Hawkesbury RFS di Facebook.

NSW RFS saat ini memusatkan perhatian mereka pada api yang masih liar menjalar di area Snowy Valley, di mana 337.000 hektare dari area tersebut telah terbakat.

Kualitas udara di hampir seluruh bagian negara, termasuk Sydney, sangat buruk pada hari Senin, akibat asap kebakaran hutan. Kualitas udara dengan tingkat berbahaya juga tercatat di Illawarra, Albury dan Wagga Wagga. (*)

Related Articles
Current Issues
Imbas Kebakaran Australia, WWF Sebut Koala Terancam Punah pada Tahun 2050

Current Issues
Tanggapi Kebakaran Australia, Artis Hollywood Galang Dana hingga Adopsi Koala

Current Issues
#PrayForAustralia: Status Darurat Kebakaran Ditetapkan Mulai 3 Januari 2020