Sport

CR7 Tak Masuk Tim Terbaik FIFA 20, Ada Misi Balas Dendam?

Faanissaa

Posted on January 10th 2020

CR7 Tak Masuk Tim Terbaik FIFA 20, Ada Misi Balas Dendam? 

 

Game sepak bola FIFA 20, merilis starting XI terbaik tahun ini. Yang mengejutkan, tak ada nama mega bintang Juventus Cristiano Ronaldo di daftar itu. Padahal Ronaldo tak pernah absen dalam daftar best XI sejak FIFA 10 (2010).

Banyak yang merasa janggal atas keputusan itu. Meski usianya makin tua, Ronaldo tak menunjukkan penurunan performa bagi Juventus maupun Timnas Portugal. Beberapa orang berspekulasi bahwa nama Ronaldo sengaja dihilangkan karena FIFA 20 kehilangan lisensi dari Juventus sejak tahun lalu.

Si Nyonya Tua, julukan Juventus menyeberang ke pesaing FIFA. Siapa lagi kalau bukan eFootball PES 2020. Gara-gara tak dapat lisensi, maka FIFA 20 terpaksa mengganti nama Juventus menjadi Piemonte Calcio.

Di sisi lain PES 2020 bisa memakai nama, seragam, stadion, hingga bintang Juventus, Cristiano Ronaldo di dalam gamenya. Saat Konami sang developer PES mengumumkan mendapatkan lisensi Juventus, harga saham EA menurun.

Jesse Pound, reporter CNBC menulis penurunan itu pada 16 Juli lalu.  Harga saham EA turun 3,28 persen dari USD 92,22 menjadi USD 89,11 per lembar sahamnya. Jadi wajar jika hilangnya nama Ronaldo tersebut dikait-kaitnya dengan urusan lisensi itu.

 

 

FIFA 20 menempatkan Sadio Mane, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi sebagai trio di lini depan. Sementara tiga gelandang diisi oleh N'Golo Kante, Frenkie De jong, dan Kevin De Bruyne. Posisi Ronaldo yang biasanya sebagai penyerang kiri diisi oleh Sadio Mane yang membawa Liverpool juara Liga Champions tahun lalu.

Liverpool mendominasi dalam susunan best XI kali ini. Ada tiga nama pemain liverpool di lini pertahanan.  Mereka adalah Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold, dan Virgil Van Dijk. Satu posisi bek lainnya ditempati Matthijs de Light bek Ajax Amsterdam yang juga tampil gemilang.

Kiper terbaik juga disabet Liverpool. Yakni Alisson Becker. Kalau tidak ada Alisson Liverpool mungkin tidak juara Liga Champions. Tahun lalu dirinya tampil on fire dan menggagalkan banyak gol di laga-laga penting.

 

 

Meski demikian FIFA 20 pasti dengan mudah membantah tudingan adanya misi balas dendam ke Ronaldo dan Juventus. Sebab, proses pemilihan pemain terbaik itu dilakukan dengan cara voting. Nama Ronaldo masuk nominasinya. Mungkin para pemain FIFA tak memilih Ronaldo karena Juventus gagal di Liga Champions.

Sementara itu muncul kabar bahwa FIFA20 ingin melakukan voting susulan. Kali ini untuk menentukan pemain terbaik ke 12. Ronaldo bisa kembali masuk daftar pemain terbaik lagi. Namun, banyak juga yang berharap penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski atau striker Paris Saint-Germain Neymar mengisi slot terakhir itu. Sayangnya hingga hari ini FIFA 20 belum mengumumkan secara resmi kabar voting susulan itu.

Kalau ternyata di-voting lagi, kalian milih siapa? (*)

Related Articles
Sport
Lionel Messi Raih Ballon d'Or 2019

Sport
Cristiano Ronaldo Mesin Rekor Liga Champions

Sport
Ronaldo Cetak Gol ke-700, #CR700 Langsung Trending

Meet The Creator



Delima Pangaribuan

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda