Interest

Alienware UFO, Konsol Untuk Pemain Game PC Berkonsep Switch

Drian Bintang

Posted on January 7th 2020

Penampakan Alienware UFO, yang dipajang di CES 2020 kali ini oleh Alienware. (Slashgear)

 

Alienware membuat gebrakan pada CES 2020 ini. Anak perusahaan Dell yang khusus menggarap game itu, membuat konsol baru khusus pengguna PC. Alienware UFO. Konsol yang memiliki konsep seperti ‘Nintendo Switch’ itu nantinya akan bisa tersambung dengan Steam.

Bedanya, konsol yang satu ini memiliki layar yang lebih lebar ketimbang Switch. Jika Switch bisa diidentifikasi dari warna biru dan merah -- yang ada di kedua pinggiran layarnya sebagai joystick, UFO memiliki warna dasar hitam. Dengan tiga hexagon berwarna hitam yang ada di belakang, yang tidak lain merupakan logo dari konsol tersebut.

Selain itu, baik UFO dan Switch memiliki fungsi yang sama. Kedua joystick yang didisain menyerupai joycon Nintendo Switch itu bisa dilepas dan digabungkan menjadi satu. Sehingga pemain bisa serasa bermain konsol PlayStation atau pun Xbox yang memiliki joystick yang terlepas dari konsolnya. Kedua joystick tersebut, juga digunakan masing-masing. Sebagai player 1 dan 2.

Tidak hanya itu, jika sudah bosan bermain di layar yang kecil. Pemain bisa menghubungkan UFO ke TV atau layar monitor yang ada di dekatnya. Persis dengan Switch. Dengan menggunakan joystick-nya, pemain bisa memainkan permainan apa saja di ruang keluarga rumah dengan konsol yang sama.

UFO ini, memiliki dasaran komputer Windows 10. Pemain bisa menghubungkan akun Steam-nya untuk bermain. Permainan yang pernah dibeli di Steam, bisa di-install di UFO. Pemain juga bisa kembali meneruskan permainan yang sebelumnya mereka lakukan di PC.USB tipe C yang ada di konsol ini pun tidak hanya berfungsi sebagai pengisi daya. Colokan ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan dengan keyboard dan mouse. Sehingga bisa menyulap UFO sebagai laptop mini.

 

Selain bisa dimainkan biasa joystick-nya juga bisa disatukan dan bisa membentuk sebuah joystick baru seperti ini. (Slashgear)

 

Sayangnya, UFO ini hanya prototype yang dibawa oleh Alienware ketika menghadiri CES 2020, yang sedang berjalan Selasa (7/1) ini. Konsol tersebut, baru direncanakan akan diproduksi oleh Alienware. Sebagai pilihan para pecinta game PC. Selama ini mereka tentu saja tidak bisa dengan leluasa melanjutkan permainan yang mereka lakukan di komputernya yang ada di rumah, kapan saja dan di mana saja. Dengan ini Alienware memnawarkan mereka kesempatan untuk tetap bermain di mana saja dan kapan saja.

Percobaan yang dilakukan oleh para pengunjung pun berjalan dengan baik. Banyak dari mereka yang menyambut positif terobosan terbaru oleh Alienware ini. Mereka tidak menemukan adanya game yang ngadat ketika dimainkan. Seperti yang kita tahu, ngadat merupakan musuh terbesar para pemain game di PC. Terutama ketika kita memaksakan komputer kita untuk menginstall game yang berada di atas speknya.

Namun, Alienware sendiri tidak memberikan pernyataan resmi. Kapan mereka akan memproduksi konsol ini secara masal, atau bahkan untuk kepikiran memproduksinya secara masal sedikit pun. Prototype tersebut, mereka jelaskan hanya sebagai prototype saja. Belum tentu mereka memiliki keinginan untuk memproduksinya secara massal.

Meskipun begitu, ini merupakan sebuah penemuan baru. Saat ini, para gamer pun tersadar. Bahwa permainan PC pun masih bisa dibuat menjadi portabel, layaknya konsol portable lainnya. (*)

Related Articles
Interest
Animal Crossing: Expanding Horizon Hadirkan Update Baru

Interest
Boring Ngegame? Coba Rilisan Terbaru Nintendo 'Animal Crossing: New Horizon'

Interest
7 Video Game Terbaik ini Pas Banget Buat Seru-seruan #DiRumahAja!