Interest

Bagaimana Cara Menghapus Akun Google Secara Otomatis

Ahvi

Posted on January 7th 2020

 

Tidak dapat dipungkiri, layanan yang paling sering kita gunakan adalah layanan dari Google. Mulai dari email, maps, search engine, dan lain sebagainya, semuanya adalah sebagian kecil dari layanan Google yang rutin kita gunakan sehari-hari.

Pernah gak sih, kamu kepikiran bagaimana nasib akun Google kamu saat kamu telah tiada? Eh, maksudnya, tidak lagi menggunakan akun Google kamu dalam jangka waktu yang lama. Nah, di sini kamu akan diberitahu cara menghapus akun Google secara otomatis setelah tidak lagi digunakan.

Dengan mengaktifkan settingan tersebut, akun Google dan seluruh informasi pribadi terkait dapat otomatis terhapus sepeninggalan penggunanya, dengan alasan apapun.

Cara mengaktifkannya cukup sederhana, kamu cukup mengikuti cara berikut:

Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mulai mengkonfigurasi apa yang akan terjadi pada akunmu jika kamu telah berhenti menggunakannya. Pada tahap ini kamu harus menentukan berapa lama Google ‘menunggu’ semenjak ‘kepergianmu’. Pilihan yang tersedia berada dikisaran waktu 3 hingga 18 bulan.

Nantinya Google akan mengirimkan kamu pesan konfirmasi melalui email atau pesan teks ke nomor telepon yang kamu daftarkan 1 bulan sebelum akun kamu dihapus permanen.

Proses selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk mengatur siapa saja yang bisa mengakses informasi atau mengelola akun kamu, serta apa saja yang dapat dilihat orang tersebut setelah kamu ‘tiada’. Kamu bisa memasukkan hingga 10 kontak yg akan dihubungi Google terkait akun kamu yang telah tidak aktif. Orang yang kamu pilih dapat mengakses semua data tersebut dalam jangka waktu 3 bulan setelah akun tidak aktif.

Kamu juga dapat menuliskan pesan balasan yang akan otomatis terkirim nantinya, bahwa kamu tidak lagi menggunakan Gmail—atau kamu telah ‘tiada’. Terakhir, kamu tinggal klik "tinjau rencana" lalu klik "konfirmasi plan" untuk finalisasi.

Yay, kamu telah berhasil mengatur akun Google kamu agar terhapus secara otomatis jika kamu telah 'tiada'!

Related Articles
Tech
Google Workspace Sekarang Gratis untuk Semua Pengguna!

Tech
Google Percantik Avatar Gmail dengan Ilustrasi Baru

Tech
Makin Komplit, Aplikasi Gmail Bakal Bisa Buat Telpon dan Panggilan Video