Interest

Bagaimana Cara Menangani Mobil Setelah Terendam Banjir

Ahvi

Posted on January 7th 2020

Curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia sedang tinggi-tingginya, tidak jarang menyebabkan banjir hebat seperti yang baru saja terjadi di Jakarta beberapa hari lalu. Tidak terhitung jumlah mobil yang hanyut terbawa arus pada banjir hebat saat itu. Tapi, tau gak kamu bahwa mobil yang habis terendam air perlu perlakuan khusus dalam menanganinya—bahkan sebelum kamu menyalakan mesinnya?

Menyalakan mesin mobil yang baru saja terkena dampak banjir tanpa perlakuan khusus terlebih dahulu dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin mobil mu lho, mobil kamu dapat mengalami water hammer, masuknya air ke dalam mesin pembakaran dan menyebabkan mesin mobil kamu ‘pecah’.

Nah berikut kami sajikan tips-tips yang harus kamu lakukan dalam menangani mobil kamu setelah terendam banjir, menurut Karman Mustamin, pemilik Dirty Jeep Channel.

 

 

Pertama-tama, kamu harus membuka semua busi mobilmu lalu mengeringkannya. Box saringan udara juga perlu dibuka dan dikeluarkan saringannya. Setelah itu, coba start mesin mobil kamu tapi tanpa memasang busi. Nah, tanda bahwa ruang bakar mobil kamu sedang tidak baik-baik saja alias kemasukan air, akan ada air yang muncrat. Kalau sudah seperti ini dan kamu ragu dengan keahlianmu untuk menanganinya, call the mechanic for the rescue ASAP!

Beda kasus jika tidak ada air yang muncrat keluar setelah kamu start mesin tadi, dapat dikatakan mesin mobil kamu aman-aman saja. Cukup dengan mengeringkan busi dan saringan udara lalu tinggal kamu pasang kembali deh busi dan saringan air tadi. Semoga mobilmu bisa hidup kembali, ya!

Oh iya, jika mesin mobil kamu terendam air dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya segera ganti oli, ya! Beberapa bagian dalam mobil membutuhkan oli. Umumnya sih seperti oli mesin, transmisi, dan oli gardan.

Tips: Kalau mobil kamu sudah didaftarkan asuransi, lebih baik kamu tidak melakukan apa-apa terhadap mobilmu itu. Mencoba menghidupkan mesin mobil yang rusak dapat menyebabkan klaim asuransi kamu bermasalah/tidak diterima para penyedia asuransi. (*)

Artikel Terkait
Interest
Bagaimana Cara Memperbaiki Surat-surat Penting yang Terendam Banjir

Interest
Duh! Jakarta Banjir Lagi, 54 Titik Terendam Air

Interest
Siap Berlibur? Cek Bagian Mobil Ini Sebelum Menempuh Perjalanan Jauh