Current Issues

Memasang Paku pada Pohon Bisa Membuatnya Mudah Tumbang

Saniah

Posted on January 7th 2020

Memasang Paku pada Pohon Bisa Membuatnya Mudah Tumbang (StraitTimes)

 

Memasuki musim penghujan, beberapa tempat dikejutkan dengan belasan pohon tumbang. Pohon tumbang terjadi di sejumlah ruas-ruas jalan yang banyak dilewati kendaraan, sehingga sangat membahayakan pengguna jalan.

Tapi tahu nggak selain faktor cuaca, ada beberapa faktor penyebab pohon rawan tumbang. Dilansir oleh Timlo, Pranoto selaku ahli lingkungan dari Universitas Sebelas Maret menjelaskan faktor lainnya, termasuk kebiasaan memasang paku pada pohon. Apa aja?

 

Pembangunan

 

Misalnya ada perbaikan jalan atau pembuatan drainase lalu ada akar yang melintang, akar tersebut akan dipotong sehingga struktur tanah akan mudah rapuh karena kekurangan tempat untuk menyerap nutrisi. Nah padahal, pohon berukuran besar membutuhkan akar dengan persebaran yang lebar untuk menopang berat batang. Kalau dipotong, akar pohon ngga bisa menahan beban apalagi jika pohon itu sudah berusia puluhan tahun.

 

Kelembaban Pohon

Karena cuaca ekstrem dan curah hujan yang tidak kunjung henti akhirnya membuat suhu dan kelembaban udara berubah, hal ini juga memengaruhi kelembaban kayu pohon. Kayu pohon baik itu bagian batang, dahan, ataupun ranting akan mengalami pelapukan karena lembab dan akhirnya rawan untuk tumbang ketika ada angin kencang.

 

Aksi Vandalisme

Ternyata ada loh penyebab pohon tumbang yang kadang ngga kita sadari, papan reklame yang tertempel di pohon sepanjang jalan itu juga ternyata menjadi faktor penyebab pohon tumbang juga. Paku yang menempel di pohon akan mempercepat proses pelapukan batang pohon. Karat yang terdapat pada paku dapat menyebabkan pohon mengalami infeksi sehingga mudah keropos.

 

Jadi cuaca buruk bukan satu-satunya penyebab kejadian pohon tumbang. Salah urus pohon dan pembangunan infrastruktur yang kurang ramah lingkungan juga jadi pemicu. Yuk sayangi lingkungan kita, termasuk pohon-pohon yang ada. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Mengenal Arborist, Profesi Penting yang Harus Diingat Saat Banyak Pohon Tumbang

Current Issues
Cuaca Ekstrem Melanda Indonesia, Apa Penyebabnya?

Current Issues
Bisa Selamatkan Bumi, IMF Sebut Satu Paus Setara dengan Seribu Pohon