Entertainment

Raih 'Best Actor' di Golden Globes, Joaquin Phoenix Singgung Kebakaran Australia

Delya Oktovie Apsari

Posted on January 6th 2020

Raih 'Best Actor' di Golden Globes, Joaquin Phoenix Singgung Kebakaran Australia. (Variety)

 

Joaquin Phoenix, pemeran utama film 'Joker', mendapat pengharagaan Best Actor di gelaran Golden Globe Awards ke-77, Senin (6/1).

Dilansir dari Hollywood Reporter, Phoenix berhasil mengalahkan nominee lainnya, yakni Christian Bale (Ford v Ferrari), Antonio Banderas (Pain and Glory), Adam Driver (Marriage Story) dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Dalam pidato kemenangannya, Phoenix menyinggung keras soal darurat perubahan iklim dan kebakaran hutan Australia. Bahkan, mengandung beberapa umpatan yang disensor oleh NBC.

"Kepada para nominee, kita tahu nggak ada kompetisi di antara kita," ujar Phoenix mengawali pidatonya.

Ia lalu berterimakasih pada Todd Philips, karena telah meyakinkannya untuk mengambil peran Joker dan mendorong Phoenix untuk memberikan 'segalanya' serta 'tulus'. "Aku nggak percaya kamu tahan denganku," candanya.

Phoenix kemudian melanjutkan pidatonya dengan membahas perubahan iklim. "Bertentangan dengan kepercayaan populer, I don't want to rock the boat. But the boat is f*cking rocked," ujarnya.

Ia menekankan pentingnya peran manusia untuk membantu isu perubahan iklim, termasuk kebakaran hebat yang melanda Australia. Menurutnya, it's really nice melihat banyak orang mengirimkan ucapan-ucapan penuh harapan pada warga Australia.

"Tapi kita harus melakukan lebih dari itu," tegasnya.

Ia berharap, kita bisa bersatu dan membuat perubahan nyata. Ia juga secara implisit mengatakan kita nggak boleh bergantung sama pemerintah.

"It's great to vote, tapi kadang kita harus mengambil tanggung jawab itu sendiri dan membuat perubahan serta pengorbanan dalam hidup kita. Kita nggak harus naik jet pribadi ke Palm Springs untuk acara award," tutupnya. (*)

Baca juga: Tanggapi Kebakaran Australia, Artis Hollywood Galang Dana hingga Adopsi Koala
Imbas Kebakaran Australia, WWF Sebut Koala Terancam Punah pada Tahun 2050
#PrayForAustralia: Status Darurat Kebakaran Ditetapkan Mulai 3 Januari 2020
Greta Thunberg Kritik Penanganan Kebakaran Di Australia

Artikel Terkait
Entertainment
Joaquin Phoenix 'Joker' Ditangkap Polisi Saat Demo Perubahan Iklim

Interest
Perdana Menteri Australia Mengakui Kesalahan Penanganan Bencana Kebakaran

Current Issues
Imbas Kebakaran Australia, WWF Sebut Koala Terancam Punah pada Tahun 2050