Current Issues

#PrayForAustralia: Status Darurat Kebakaran Ditetapkan Mulai 3 Januari 2020

Hilda Rifky

Posted on January 5th 2020

#PrayForAustralia: Status Darurat Kebakaran Ditetapkan Mulai 3 Januari 2020. (Maclean's)

 

Kebakaran di Australia terjadi sejak September lalu. Namun, status darurat kebakaran baru ditetapkan pada 3 Januari 2020 hingga tujuh hari ke depan.

Perdana Menteri Negara Bagian Victoria Daniel Andrew mengatakan, jumlah korban meninggal dalam insiden kebakaran hutan ada tiga orang. Namun, jumlah tersebut diprediksi akan bertambah. Sebab, masih ada 28 orang yang dilaporkan hilang.

”Saat ini kami sangat khawatir terhadap keselamatan orang-orang (yang dilaporkan hilang) itu,” katanya kepada The Guardian, Jumat lalu.

Tagar #PrayForAustralia pun merajai Trending Topic Worldwide di Twitter. Pantauan terakhir pada Minggu (5/1) pukul 10.00 WIB, tagar #PrayForAustralia sudah menyentuh angka 255.000 tweet. Bahkan, pesepakbola Paris Saint Germain Kylian Mbappe mencuit soal kebakaran di Australia dengan memuat gambar bendera Australia dan emoji gambar tangan berdoa.

 

Tanda-tanda musim kebakaran Australia terlihat sejak September tahun lalu. Pada 9 September 2019, Binna Burra Lodge yang merupakan lokasi wisata bersejarah di pegunungan Queensland dilanda kebakaran hebat.

 

 

Beberapa bulan setelahnya, kebakaran meluas hingga pantai timur Australia. Pada awal November 2019, 1.500 petugas pemadam kebakaran dkerahkan untuk memerangi 70 titik kebakaran di New South Wales, bagian tenggara Sydney.

Kebakaran memang terjadi hampir di setiap negara bagian Australia. Tapi, New South Wales merupakan daerah yang terkena dampak paling parah.

Api telah menembus hutan semak, daerah berhutan, dan taman nasional, seperti Blue Mountains. Beberapa kota terbesar di Australia juga terkena dampaknya, termasuk Melbourne dan Sydney.

Kebakaran hutan juga menyebabkan kualitas udara buruk. Saat diukur dengan Indeks Kualitas Udara (AQI), kualitas udara beberapa daerah di Sydney berada di atas 400 dengan kategori berbahaya. (*)

Baca juga: Tanggapi Kebakaran Australia, Artis Hollywood Galang Dana hingga Adopsi Koala
Greta Thunberg Kritik Penanganan Kebakaran Di Australia

 

Related Articles
Current Issues
Imbas Kebakaran Australia, WWF Sebut Koala Terancam Punah pada Tahun 2050

Current Issues
Greta Thunberg Kritik Penanganan Kebakaran Di Australia

Current Issues
Hujan Diramalkan akan Guyur Australia, Tapi Tak Cukup untuk Padamkan Kebakaran