Entertainment

Amber Liu f(x) Angkat Bicara tentang Tragedi Sulli dan Sisi Gelap Industri K-Pop

Vita Kartika

Posted on January 4th 2020

Amber Liu dan Sulli yang sempat tergabung dalam girlband f(x) (Koreaboo)

 

Salah satu program berita asal Amerika, CBS This Morning, mewawancarai member f(x) Amber Liu dan penyanyi solo AleXa dalam episode yang tayang 2 Januari 2020 lalu. Dilansir dari Soompi, dalam episode ini, Amber Liu menyampaikan pendapatnya tentang sisi gelap dari industri K-Pop yang memberikan begitu banyak tekanan bagi para idol.

“Para idol sudah mulai bergabung di industri ini sejak usia yang sangat muda. Kami berlatih dengan keras untuk tampil sempurna. Segalanya diatur; apa yang harus kami lakukan, apa yang harus kami kenakan, apa yang harus kami katakan, bahkan apa yang harus kami pikirkan. Awalnya, aku menganggap bahwa semua itu memang harus kulalui agar aku dapat mencapai impianku sebagai idol. Bahwa memang begitulah caranya,” ujar Amber Liu dalam wawancara tersebut.

Ketika memulai karirnya, Amber Liu mengaku ia perlu mengubah banyak aspek dari penampilannya, mulai dari kulitnya yang terlalu gelap, hingga bentuk tubuhnya yang tidak ideal karena kurang langsing. “Sehari-hari, kami sesama idol selalu saling bertanya. Diet apa yang kamu lakukan? Apakah berhasil? Perlukah aku operasi plastik? Aku jadi punya pola makan yang buruk dan kebiasaan tidak sehat. Semua demi tampil sempurna,” lanjut Amber.

Di sisi lain, Amber Liu juga mengakui bahwa ekspektasi tak datang dari industri saja. Masyarakat Korea Selatan secara umum juga turul andil dalam membentuk sisi gelap dari K-Pop.

Tentu kalian masih ingat dengan Sulli dan Goo Hara yang dalam waktu berdekatan di tahun 2019 lalu mengakhiri hidup mereka sendiri. Masyarakat Korea Selatan dikenal kejam dalam menuliskan komentar-komentar jahat terkait unggahan para idol. Komentar-komentar itu bisa tentang apa saja, mulai dari celaan atas gaya berpakaian sampai kecaman terhadap kekasih sang idol.

Dalam potongan video yang diunggah CBS This Morning di akun Twitternya, Amber Liu juga angkat bicara atas tragedi yang menimpa Sulli. Keduanya sempat tergabung dan debut dalam girl band yang sama, f(x) sebelum Sulli keluar dari grup pada Agustus 2015 silam.

 

Cuplikan wawancara Amber Liu dalam acara CBS This Morning (Twitter: @CBSThisMorning)

 

“Sulli selalu terlihat bahagia. Kami sudah seperti saudara; aku kakaknya dan ia adiknya. Ia selalu melakukan hal yang ia inginkan, she’s rebellious dan tak peduli apa pendapat orang. Kalau aku membaca komentar jahat tentangku, aku sering langsung down dan menutup diri. Tapi Sulli tidak seperti itu. Ia selalu menanggapi dengan santai dan mudah move on. Mungkin itulah kenapa kematiannya begitu mengejutkan bagiku. Aku sangat merindukannya. Sulit bagiku menerima kenyataan ini,” ujar Amber.

Apa yang menimpa Sulli dan Goo Hara adalah tamparan keras bagi industri K-Pop. Dilansir dari The Korea Herald, hingga kini bunuh diri masih menjadi penyebab kematian tertinggi pada anak muda Korea Selatan sejak tahun 2007 silam.

Dalam riset tersebut, tiga penyebab utama stres bagi anak muda Korea Selatan dalam rentang usia 13-24 tahun adalah kekhawatiran akan karir di masa depan, hasil nilai akademis, dan penampilan fisik. Lebih lanjut, dikutip dari CNBC, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa angka bunuh diri di Korea Selatan berada di urutan 10 tertinggi di dunia, padahal Korea Selatan adalah negara maju di Asia.

Menurut Amber Liu, isu tentang kesehatan mental hingga kini memang masih sangat tabu untuk dibicarakan di Korea Selatan. “Ketika orang lain tahu bahwa kamu sedang mendapat bantuan, melakukan terapi, atau pengobatan, mereka akan langsung mencibirmu, ‘Untuk apa kamu perlu bantuan? Aneh sekali.’ Stigma ini sangat kuat dan mengakar di masyarakat,”

“Komentar orang-orang tentang Sulli memang benar-benar jahat. Ya, ia memang mengubah penampilannya. Ia mencoba hal-hal baru, ia berubah, ia berbeda dengan dirinya yang dulu. Lalu kenapa? Everyone changes. Tidak bisakah kita melihat orang lain bahagia? Masing-masing dari kita punya cara berbeda dalam mengekspresikan diri. Apa yang salah? The easiest thing that we all can do is just to be kind. It’s simple. Be kind to one another,” ucap Amber.

 

"Stop the stigma", ujar AleXa dalam CBS This Morning (Soompi)

 

AleXa, idol rookie yang baru saja debut Oktober lalu dengan lagu berjudul ‘Bomb’ juga turut berkomentar. Baginya julukan ‘idol’ turut membawa segenap beban yang tak kasat mata.

“Dengan menjadi idol kita dituntut untuk selalu tampil sempurna dan tanpa cela di mata masyarakat. We’re not just ordinary humans. Aku sendiri telah lama berjuang untuk menemukan kepercayaan diriku. Kita selalu merasa kurang ini dan kurang itu. Kurasa hal paling sulit ketika menjadi idol adalah mencintai dirimu sendiri,” ujar AleXa menambahkan. (*)

Kalau kamu ingin menyimak wawancara lengkapnya, kamu bisa langsung klik Youtube CBS This Morning di bawah ini. 

 

Artikel Terkait
Entertainment
Deretan Selebriti Korea Sampaikan Pesan Kesedihan di Instagram untuk Sulli

Entertainment
Mulai dari SuperM sampai DAY6 Tunda Aktivitas untuk Hormati Kematian Sulli

Entertainment
Polisi Konfirmasi Sulli Eks f(X) Meninggal karena Bunuh Diri