Portrait

Pernah Kebanjiran, Adhi Pratama Lelang Jersey Timnas untuk Korban Banjir Jakarta

Bramantyo Brata

Posted on January 4th 2020

Banjir Jakarta membawa keprihatinan mendalam. Banyak masyarakat dengan berbagai upayanya berupaya membantu para korban. Tak terkecuali mantan pemain timnas basket Indonesia, Adhi Pratama. Pemain yang kini bermain di klub Pelita Jaya ini melakukan lelang barang pribadinya untuk didonasikan ke korban banjir.

Barang yang dilelang itu bukan sembarangan. Termasuk bersejarah di karir basket Adhi Pratama. Yakni, jersey timnas yang dikenakan Adhi di ajang Asian Games 2018 lalu. Jersey timnas berwarna merah dengan nomor punggung 14 itu awalnya dibuka dengan harga Rp 250 ribu.

Lelang dilakukan lewat akun Instagram Adhi Pratama, @adhipratama14. Doi membuka lelang hanya dalam waktu satu hari. Dan hasilnya, jersey itu bisa laku seharga Rp 5 juta.

Adhi mengaku sengaja melelang jersey karena menurutnya barang itu punya nilai spesial. "Jersey itu punya nilai tersendiri buat saya. Menggambarkan bentuk pencapaian saya di karir basket profesional. Pasti banyak orang yang ingin punya jersey timnas, apalagi dilelang langsung oleh pemainnya," kata Adhi Pratama.

Menurut Adhi, lelang jersey itu juga dibuka dengan harga yang relatif terjangkau. Berbeda dengan sepatu yang harganya mungkin mahal bagi sebagian orang.

Pada mainmain.id, Adhi Pratama juga mengungkapkan alasannya mengapa tergerak melelang barang berharganya untuk didonasikan bagi korban banjir. Ternyata Adhi mengaku pernah di posisi korban banjir saat ini.

"Saya itu pernah di posisi para korban saat ini. Saya pernah jadi pengungsi. Dan itu rasanya nggak enak banget. Kehilangan pekerjaan, mengalami kerugian, barang-barang di rumah juga pada rusak. Ada trauma tersendiri lah yang buat hati saya tergerak," ungkapnya.

Adhi menjadi korban banjir saat masih kecil. "Dulu saya sampai nggak bisa berangkat sekolah gara-gara banjir. Saya dan keluarga harus mengungsi sementara ayah cuma bisa menyelamatkan dokumen berharga di rumah," kenangnya.

Di ingatannya masih membekas bagaimana saat itu banjir dengan cepat masuk ke dalam rumahnya dan merendam sejumlah barang  berharga.

Ingat yang masih membekas itu membuat Adhi tak bisa berdiam diri melihat musibah banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya saat ini. Dia ingin melakukan aksi nyata, meskipun itu menurutnya tidak seberapa. "Ini spontan aja, kebetulan istri juga mendukung saya melelang jersey berharga itu," ujarnya.

Menurut dia, lelang jersey juga juga dilakukan mantan pemain basket yang juga sahabatnya, Toni Sugiarto. 

Dana yang didapat dari lelang jersey itu akan diberikan semuanya pada korban banjir. Sebagian dana akan dirupakan bahan makanan dan logistik lainnya. Sedangkan sisanya akan diberikan dalam bentuk uang tunai.

"Harapan saya sih Jakarta bisa semakin berbenah dari segi penanggulangan bencana atau cara pencegahannya. Sebab jujur saja, dari tahun ke tahun kelihatannya semakin parah banjirnya. Beruntung saya sekarang sudah nggak terkena dampaknya dan bisa ikut bantu," katanya.

Adhi berharap masyarakat belajar dari kejadian di Jakarta ini. Tak sekedar saling menyalahkan, tapi justru bergerak bersama di mulai dari hal terkecil di sekitarnya. "Setidaknya mari mulai membudayakan kebersihan lingkungan sekitar kita. Mungkin dengan cara itu musibah seperti ini bisa dihindarkan, atau setidaknya tidak bertambah parah," jelasnya.(*)

 
Artikel Terkait
Sport
5 Gadget yang Bisa Bantu Kalian Jago Main Basket

Sport
Jr NBA Coaches Academy Berikan Pelatihan Pada Guru Olahraga di Jakarta

Sport
Mengenang Wat Misaka, Pebasket Asia Pertama di Liga Profesional Amerika Serikat