Current Issues

Awas Hoaks! Foto Ofisial Persebaya Bersama Alwi Slamat, Bukan Makan Konate

Mainmain.id

Posted on January 2nd 2020

Bursa transfer bukan hanya menimbulkan rumor di kalangan penggila bola. Tapi juga mulai mengarah ke hoaks dengan modus olah digital. Ini juga yang terjadi di Liga Indonesia. Yang jadi bahan hoaks kali ini ofisial Persebaya dan pemain asing asal Mali, Makan Konate.

Ya, beredar gambar di media sosial yang menunjukkan sekretaris tim Persebaya Ram Surahman sedang berfoto dengan dokumen kontrak bersama Makan Konate. Gambar itu seolah diambil dari screenshot postingan Instagram Makan Konate (@makankonate10).

Dari pengecekan yang dilakukan tim cek fakta mainmain.id, ternyata gambar itu hasil olah digital. Di Instagram Makan Konate tidak ada postingan bergambar tersebut.

Selain itu, dari pengecekan menggunakan software pencari padanan gambar, ternyata diketahui gambar itu berasal dari foto Ram Surahman bersama Alwi Slamat.

Saat itu Persebaya baru merekrut Alwi Slamat. Foto dilakukan di kantor marketing Persebaya di Surabaya Town Square. Gambar itu pernah diunggah di akun Instagram resmi milik Persebaya (@officialpersebaya) pada 25 Januari 2019. Sekali lagi, hoaks yang terjadi pada kasus ini adalah pada foto Ram Suraman dan Makan Konate, yang sebenarnya berasal dari foto Ram bersama Alwi Slamat.(*)

Related Articles
Current Issues
Unggah Foto Editan Berlebihan? Awas Kena Peringatan Instagram

Current Issues
Awas Hoaks! Pemotongan Adegan Donald Trump di Home Alone 2 Tak Terkait Politik

Current Issues
Awas Hoaks! Putin Main Piano Lagu Indonesia Raya