Current Issues

Nonton Vagabond Cuma Semalam? ini Penjelasan Psikologis dari Kemampuan Supermu

Bingewatching adalah my love-hate relationship

Vita Kartika

Posted on January 2nd 2020

Now where is Vagabond season 2??? (Rawpixel)

 

Nonton satu episode lagi deh, habis itu aku bakal ngerjain tugas terus langsung tidur… Eh terus tiba-tiba udah jam 3 pagi, HP-mu lowbat dan panas, kamu belum mengerjakan tugas, kepala pusing, belum tidur pula! Familiar dengan situasi ini? Apa? Kamu nonton 'Vagabond' cuma semalam? Wow... super sekali. 

Rasanya memang susah banget untuk nggak lupa waktu kalau lagi bingewatching. Kalau beberapa tahun lalu marak kekhawatiran tentang kecanduan media sosial, sekarang kayaknya lebih banyak yang kecanduan marathon nonton serial TV! Dilansir dari VICE, media sosial dan serial TV memang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan psikologis manusia. Di media sosial, kita memperoleh yang namanya ‘validasi’ dalam bentuk interaksi maya, seperti likes di foto yang kita unggah, comments tentang OOTD yang kita kenakan, sampai replies di Instagram Story tentang makan siang kita yang kelihatannya enak banget.

Beda lagi dengan bingewatching serial TV. Sebagai manusia, kita memiliki kebutuhan psikologis akan closure atau akhir dari sesuatu. Sebagaimana dikutip dari Psychology Today, para ahli percaya kalau sekarang ini kita struggle banget nih dengan hubungan sosial dan pola komunikasi kita yang kerap kali belum terselesaikan. Akibatnya, alih-alih menghadapi permasalahan kita di dunia nyata, kita mencari pelarian dan penghiburan melalui, yup, apa lagi kalau bukan bingewatching karakter fiksi dalam serial TV.

Hal ini terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh Netflix sendiri, lho. Tiga dari empat respondennya mengaku streaming satu season full dari Breaking Bad dan Stranger Things langsung dalam sekali tonton di hari pertama rilis! Riset dari Harris Interactive juga menegaskan kalau 61% dari 1500 responden mereka mengaku melakukan bingewatching Netflix dan delapan dari sepuluh responden mengaku kalau bingewatching memberikan perasaan yang lebih positif dibanding menonton satu episode saja.

 

Mana yang sudah selesai kamu tonton? (Rotten Tomatoes)

 

Kenapa gitu, ya? Nah, sadar nggak, kalau yang biasanya bikin kamu nggak bisa berhenti nonton adalah karena cliffhanger ending yang selalu dibuat nggantung? Kan jadi penasaran gimana lanjutannya! Belum lagi fitur-fitur dari layanan streaming ini yang memungkinkan kita buat skip intro, skip credit dan langsung klik ‘watch next episode’ tanpa pikir panjang.

Ini juga ada penjelasan ilmiahnya, lho! Kebutuhan kita akan completion ini namanya Zeigarnik Effect. Contoh gampangnya, nih, pernah nggak kalian lagi makan potato chips terus di dalam bungkusnya cuma sisa dua potong? Kemungkinan besar kalian akan menghabiskan potato chips itu cuma buat ngosongin bungkusnya, bukan karena kalian benar-benar lapar. Sama juga dengan ketika kita bingewatching. Kalau udah penasaran sama kelanjutan ceritanya, terus ditawari ‘watch next episode’, ya otomatis langsung klik deh tanpa pikir panjang. Akibatnya? Satu season bisa selesai dalam semalam saja!

Eits, bukan berarti tim mainmain.id melarang kalian buat entertain yourself, ya. Boleh-boleh saja, kok, kalau mau nonton serial TV. Asalkan, jangan sampai kalian lepas kendali atas keputusan kalian sendiri. Wah, gimana tuh maksudnya? Kalau kata Matt Johnson, seorang profesor psikologi dari Hult School of Business, bingewatching bisa dibedakan dari niat dan komitmen kalian.

 

Duh, meme ini relevan banget ya, hehe... (Urbanian)

 

Misal nih, di weekend kalian ingin leyeh-leyeh sambil nonton tiga episode Stranger Things. Terus kalian benar-benar nonton tiga episode dan lanjut beres-beres kamar, ini namanya bukan bingewatching. Beda lagi kalau niatannya cuma mau nonton satu episode Crash Landing on You, tahu-tahu udah empat jam berlalu. Terus jadi asal-asalan bikin presentasi buat tugas Senin besok karena udah ngantuk banget, nah ini baru namanya bingewatching. Kamu jadi menghabiskan waktu untuk entertainment dan leisure, padahal seharusnya kamu punya hal yang lebih penting untuk dilakukan. Huhu, terus gimana dong solusinya?

Gampang gampang susah, sih. Kuncinya ada di dirimu sendiri. Kamu harus punya alokasi waktu, dalam sehari ini, kira-kira ada hal penting apa yang perlu untuk kamu lakukan? Kalau ada waktu luang, bisa dipakai buat nonton berapa episode? Kalau udah tergoda banget buat lanjut episode berikutnya, remind yourself kalau mau ditonton sekarang ataupun besok, ending ceritanya bakal tetap sama kok! Tapi kalau kamu menunda mengerjakan tugas terus besok jadi telat masuk sekolah atau dapat nilai yang kurang maksimal, wah, kamu sendiri yang rugi, kan? (*)

Related Articles
Current Issues
Mengenal Binge Watching, Kebiasaan Marathon TV Series Bikin Tak Ingin Berhenti

Entertainment
Teaser Kingdom 2 Rilis: Zombie Kini Bangkit di Siang Hari!

Entertainment
Menang 'Best Couple' untuk 'Vagabond', Lee Seung Gi Malah Puji Wajah Suzy