Current Issues

Suka Horor? Kampus di India ini Punya Jurusan Ilmu Gaib dan Santet

Surya Dipa Nusantara

Posted on January 2nd 2020

 

Tahun 2020 mulai bergulir. Selain lagi repot-repotnya persiapin jiwa dan raga untuk menghadapi Ujian Nasional terakhir dalam sejarah, tentu kalian juga dipusingkan dengan pilihan universitas tujuan, kan? Nah, kami punya kabar baik. Salah satu kampus di India punya jurusan yang unik dan lain daripada yang lain.  

Banaras Hindu University (BHU), salah satu kampus terkemuka di India, membuka jalur akademik baru yang mempelajari tentang hal-hal tak kasat mata, atau supranatural.

Wah, kebayang gak sih serunya kuliah mempelajari tentang hantu dan hal-hal gaib lainnya? Jurusan itu bernama Bhoot Vidya atau sains metafisika. Para mahasiswa, akan diberikan kuliah selama satu semester penuh dengan sertifikasi kelulusan: dukun berbasis sains.

Jurusan Bhoot Vidya diresmikan pada 29 Desember 2019 lalu. Dilansir dari Khaleej Times, kuliah supranatural ini nantinya dikhususkan untuk para dokter. Para peserta nantinya, akan diajarkan tentang pengobatan dan psikoterapi untuk menangkal gangguan psikosomatik atau psikologis yang disebabkan oleh hal-hal gaib.

Seperti santet, misalnya. Hal tersebut, disebabkan oleh semakin maraknya masyarakat India yang terpapar gangguan fisik maupun rohani karena serangan—yang dipercayai sebagai—makhluk astral. Kelas pertama Bhoot Vidya akan diuji coba pada bulan Januari ini oleh fakultas Ayurverda, Banaras Hindu University, India.

“Unit terpisah Bhoot Vidya telah dibuat di fakultas Ayurveda untuk memberikan pendidikan formal kepada dokter tentang cabang," menurut Yamini Bhushan Tripathi, dekan fakultas Ayurveda UBH. "Ini berkaitan dengan pengobatan Ayurvedic untuk mengobati penyakit terkait hantu dan gangguan psikosomatik,” dilansir dari Khaleej Times.

Alasan Triphati perlu mengadakan jurusan baru ini adalah agar dokter juga mampu mengobati penyakit-penyakit pikiran, atau penyakit yang bersifat abnormal dan tidak bisa dijelaskan secara medis. Harapannya, lewat program ini, Triphati dapat menjawab masalah masyarakat tentang mitos penyakit yang disebabkan oleh klenik dan dijabarkan dengan logika medis.

Sebelum memutuskan mendirikan jurusan anyar ini, Banaras Hindu University melakukan riset selama enam bulan. Mereka, menyusun proposal dan mengadakan pertemuan dengan 16 departemen lain untuk mengantongi izin. Meskipun bersusah payah untuk memperjuangkan ide melahirkan jurusan baru yang unik ini, akhirnya mereka berhasil.

Nah, kayaknya seru kan kuliah di jurusan ini? Mungkin, selain berkuliah kalian juga bisa bersama teman-teman untuk mendirikan ekstrakurikuler bikin podcast horor. Atau mungkin nanti ujiannya caranya kayak uji nyali. Wah, jadi merinding disko ngebayanginya hohoho~

 

Related Articles
Cerpen
Ibu Penunggu Lift Lantai 4 Apartemen Dekat Kuburan itu

Cerpen
Di Lantai Atas

Cerpen
Kamu Sudah Tahu?