Interest

Dari Content Creator sampai Operator Drone: ini 5 Profesi untuk Generasi Z

Vita Kartika

Posted on January 1st 2020

Kini ada beragam profesi yang bisa kamu pilih. Mana yang paling sesuai dengan passion dan minatmu? (Rawpixel)

 

 

Perkembangan teknologi di era digital nggak cuma membawa perubahan pada pola komunikasi saja, lho. Tapi juga menciptakan beragam lapangan pekerjaan baru yang cocok banget buat jadi pilihan karir bagi kalian, para generasi Z! Selain pekerjaannya yang modern, prospeknya juga bagus lho untuk masa depan.

Dilansir dari Skill Academy, ada setidaknya 5 profesi untuk generasi Z. Profesi-profesi ini belum ada 10 tahun lalu, tapi kini jadi sangat diminati. Tenang, tim mainmain.id sudah merangkum sekaligus menjabarkan apa-apa saja skill yang kamu butuhkan kalau kamu mau menjalani profesi ini nantinya. Yuk, simak bersama!

 

Social Media Specialist

Sebagai social media specialist harus sering-sering online, ya! (foto:Rawpixel)

Main media sosial aja bisa jadi profesi? Bisa banget! Sekarang sudah banyak brand dan perusahaan yang punya akun Instagram, Facebook, atau Twitter. Sesuai namanya, Social Media Specialist bertanggung jawab untuk mengelola media sosial perusahaan. Media sosial bagi perusahaan bukan sekadar tentang jualan ya, tapi lebih ke arah untuk meningkatkan brand awareness dan membangun personal connection dengan audiens.

Terus, kerjaannya apa aja, dong? Yang kelihatan sih, hanya mengunggah gambar, menulis caption, dan membalas komentar. Tapi di belakang layar, tugasnya cukup kompleks juga, lho!

Sebelum konten diunggah, Social Media Specialist harus melakukan riset terlebih dahulu agar materi yang akan diunggah sesuai dengan tren yang ada sembari tetap berkesinambungan dengan branding dan positioning perusahaan. Misalnya, lebih cocok pakai Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris? Dominan warna gelap atau terang? Animasi atau foto? Harus benar-benar dipertimbangkan! Buat kalian yang suka main media sosial, gimana, tertarik buat jadi Social Media Specialist?


Content Creator

Siapa Content Creator favoritmu? (foto:Rawpixel)

Masih nggak jauh-jauh dari profesi yang berhubungan dengan dunia digital, nih. Kalau Social Media Specialist tugasnya adalah membuat konten untuk perusahaan tertentu, Content Creator adalah orang yang berprofesi untuk membuat suatu konten (bisa berupa tulisan, gambar, video, atau suara) dan menampilkan konten tersebut di platform digital mereka sendiri. Content Creator kini sudah banyak digandeng oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, lho!

Bukan cuma sebagai Endorser atau Influencer yang promosiseorang Content Creator harus bisa menciptakan konten yang menarik, kreatif, dan bermanfaat bagi para followers atau subscribers.

Topik yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari fashion, beauty, kuliner, daily vlog, atau social commentary. Bisa untuk mengedukasi, memberikan informasi yang valid, atau untuk menghibur. Yang pasti, idenya harus original dan hindari yang kontroversial, ya!

Content Creator nggak harus public figure atau selebritis yang sudah terkenal, kok. Kamu juga bisa, lho, jadi Content Creator asalkan kamu mau mulai mengasah ketrampilan dan kreativitasmu dalam menciptakan sebuah konten.


Driver Online

Jangan lupa bintang limanya ya, kak! (foto:Hipwee)

Semua orang butuh kendaraan untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh menuju tempat tujuan. Kalau dulu kita cuma mengenal transportasi pribadi dan transportasi umum yang konvensional, kini sudah banyak stakeholder swasta yang menawarkan layanan transportasi alternatif melalui aplikasi digital.

Istimewanya lagi, Driver Online dari aplikasi ini nggak cuma bisa mengantar kita dari satu tempat ke tempat lain, tapi ada banyak layanan lainnya yang juga ditawarkan. Hayo ngaku, siapa di sini yang kalau laper dan mager pasti langsung klik aplikasi buat pesan makanan? Kalau ada barang yang ketinggalan, sekarang juga nggak perlu bikin ribet orang serumah. Tinggal klik di aplikasi, bisa langsung kirim ke tujuan! Super helpful, ya!


Application Developer

Tertarik kerja di bidang IT? (foto:Rawpixel)

Dengan makin banyaknya start-up, e-commerce, dan perusahaan yang ingin meningkatkan tampilan digital mereka, Application Developer ini jadi salah satu profesi yang most wanted juga, lho!

Pekerjaan utama dari Application Developer adalah merancang dan membuat program komputer (bisa berupa versi mobile dan desktop dari suatu aplikasi atau games) dengan implementasi teknik, bahasa, kode pemrograman dan sistem komputer yang tepat. Buat belajar hal ini secara mendalam, kamu bisa tuh, memilih program studi Sistem Informasi atau Teknik Informasi di jenjang perkuliahan nanti. Tertarik?


Drone Operator

Sudah pernah coba menerbangkan drone sebelumnya? (foto:Rawpixel)

Kalau dulu drone paling sering digunakan dalam program berita TV untuk meliput suasana kemacetan lalu-lintas, demonstrasi, bencana alam dan liputan dari atas udara lainnya, kini drone nge-trend banget dipakai untuk keperluan pribadi, event luar ruangan, hingga komersial. Misalnya dalam video travelling untuk menangkap gambar pemandangan.Tapi, ternyata nggak sembarang orang bisa jadi Drone Operator, lho! Selain harus mengetahui kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP), kamu juga wajib punya sertifikasi drone yang valid. Salah satu yang diakui di Indonesia adalah lisensi profesional dari APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia).

Lisensi dari APDI inilah yang jadi bukti bahwa kamu sudah menguasai ilmu dan keterampilan dalam aerial videography. Termasuk cara menggunakan aplikasi sofware untuk pemetaan drone, memahami ilmu aerodynamika, mampu merakit perangkat elektronik drone, menguasai dasar perencanaan pengukuran fotogrametri, GPS, dan lain-lain. Wah, profesional banget, ya!

Di berbagai kota besar di Indonesia, sudah banyak lho yang membuka usaha jasa persewaan drone. Biasanya nggak cuma alat, tapi termasuk jasa pilot dan co-pilot juga. Gimana, tertarik menjadikan Drone Operator sebagai karirmu?


Artikel Terkait
Tech
Instagram Live Kini Bisa Langsung Disimpan ke IGTV

Interest
Ramai “Spirit Doll” Dianggap Anak atau Teman, Begini Kata Psikolog...

Interest
Mulai Berpatroli, Ini Fakta-Fakta Polisi Virtual yang Harus Kalian Tahu