Current Issues

Biar Gak Gaptek, Siap-Siap Belajar Teknologi yang Bakal Berkembang di 2020

Regina

Posted on December 31st 2019

Ilustrasi Gambar (Forbes) 

Teknologi akan terus berkembang adalah sebuah keniscayaan. Teknologi akan terus berkembang dan makin canggih untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia.

Nah, kalau kalian tentu harus terus mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Jangan sampai jangan generasi masa kini yang justru tak mengerti teknologi masa kini. 

Biar ngga gaptek (gagap teknologi), kalian harus mempersiapkan diri menyongsong teknologi baru yang diprediksi bakal berkembang di 2020. Apa aja itu? Majalah Forbes telah membuat prediksinya.

 

1. AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan

Salah satu evolusi teknologi paling transformatif di zaman ini ialah layanan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Diprediksi pada 2020, akan berkembang luar biasa. Apalagi sejumlah perusahaan raksasa dunia sudah menerapkan AI. Sebut saja, Google, Amazon, dan Microsoft.

AI merupakan kecerdasan buatan yang tersistemisasai, di mana sistem ini bisa menafsirkan data eksternal dengan benar. Seperti mengenali pola data dalam skala besar. Sistem ini dimasukan dalam mesin dan dapat melakukan pekerjaan seperti manusia. AI dapat diaplikasikan dalam mesin dengan cara transformasi alogaritma tertentu, sehingga dia secara otomatis memahami cara kerja dasar.

 

2. 5G Data Networks

Siapa yang masih suka kzl, sinyal udah 4G tapi masih aja lemot alias loading? Nah pada 2020 koneksi data hingga 5G bakal lebih membesar. Sebenarnya teknologi ini sudah berjalan sejak 2019. Tapi masih belum menyeluruh.

Konektivitas 5G menjamin pengunduhan data secara cepat dan koneksi yang lebih stabil. Jadi, lumayan lah ngga usah nunggu lama kalau download.

5G data diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang kian hari kian tak bisa lepas dari internet. Para pakar teknologi meyakini bahwa perusahaan seharusnya sudah mulai mempertimbangkan penggunaan jaringan 5G ini. Perusahaan harus memiliki akses cepat dan stabil agar memungkinkan transfer data juga lebih cepat.

Jaringan 5G ini sudah diaplikasikan di beberapa kota di negara maju. Namun masih dinilai mahal dan baru bisa diaplikasikan di beberapa daerah saja. Nah, tahun 2020 ini kemungkinan besar jaringan 5G bakal benar-benar dimulai, dengan paket data yang lebih terjangkau dan akses cepat.

 

3. Autonomous Driving

Wah, ini cocok banget buat kalian para traffic fighters alias pejuang macet. Suka kesel gak sih lagi naik mobil dikit-dikit gas-rem-gas-rem, bikin pegel kaki.

Nah, tahun 2020 diprediksi kendaraan dengan teknologi autonomous driving akan makin berkembang. Tim mainmain pernah mendapatkan undangan dari Honda untuk menjajal teknologi autonomous driving.

Bagi kalian yang belum mengetahui, autonomous driving merupakan teknologi yang memungkinkan kita mengendarai kendaraan (mobil) tanpa sopir. Kendaraan akan bisa berjalan sendiri dengan mendeteksi beberapa hal yang selama ini dijalankan manusia (sopir). Misalnya mendeteksi kondisi di sekitar mobil, luas jalan, jarak dengan penghalang, hingga kecepatan.

Mobil ini mampu berjalan sendiri dengan teknik mendeteksi radar, sinar laser, GPS, odometri, dan penglihatan komputer. Sistem kontrolnya menggunakan sistem informasi sensori untuk mengidentifikasi navigasi dan rintangan serta tanda jalan di sekitarnya.

 

4. Personalized and Predictive Medicine

Perkembangan teknologi yang bakal booming di 2020 tak hanya di bidang komputer, koneksi data, dan kendaraan saja. Tapi, bidang kesehatan juga akan merasakan perkembangan teknologi.

Teknologi di bidang kesehatan itu selama ini dikenal dengan istilah Personalized and Predictive Medicine. Teknologi ini mampu mengenali penyakit manusia. Teknologi ini akan mengambil ‘data’ dari tubuh kalian. Caranya dengan dipasang di beberapa perangkat seperti jam pintar atau perangkat lain.

Ini sangat berguna buat kamu yang jarang kontrol kesehatan kamu. Apalagi kamu yang punya semangat young and free, suka makan sembarangan eh tiba-tiba kolestrol naik aja.

Nah, sistem ini mampu mendeteksi kesehatan tubuhmu, bahkan sebelum kamu mengalami gejala serius. Teknologi ini juga bisa membantu dokter untuk menemukan resep obat yang tepat untukmu.

 

5. Visi Komputer

Ada lagi kecanggihan komputer, termasuk dalam bidang kecerdasan buatan, Visi Komputer. Teknologi ini mampu menafsirkan dan memahami dunia visual. Yakni dengan menggunakan gambar digital dari kamera dan video.

Mesin-mesin komputer nantinya dapat mengenali, mengindentifikasi, dan mengklarifikasi objek dengan akurat. Kemudian komputer bisa bereaksi atas apa yang dilihatnya.

Ini merupakan teknologi yang memungkinkan kamera ponsel mengenali wajahmu. Dengan cara mengidentifikasi bagian fitur wajahmu. Teknologi ini juga bekerja pada Google Image Search. Nah, di tahun 2020 teknologi ini akan dirancang lebih canggih.

 

6. Extended Reality

Extended Reality atau dikenal sebagai XR ini merupakan teknologi transformasi pengalaman harian pengguna. Di mana teknologi ini merujuk pada realitas virtual, augmented, dan mixed reality.

Kalian bisa memasuki dunia digital secara virtual yang dihasilkan oleh komputer. Dengan menggunakan perangkat seperti headset untuk mendapatkan pengalaman virtual yang nyata. Kamu juga bisa loh berinteraksi dengan objek digital.

Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun lalu, tapi masih digunakan untuk perusahaan hiburan. Seperti di industri game, atau filter-filter kamera.

Di tahun 2020, XR diprediksi akan lazim digunakan oleh manusia serta banyak bisnis yang akan menggunakan teknologi ini. Sebuah inovasi baru untuk menawarkan produk atau jasa untuk para pelanggan.

 

7. Teknologi Blockchain

Blockchain telah banyak dibahas sepanjang 2019. Tapi teknologi ini masih asing ditelinga para pebisnis yang tidak berbasis teknologi. Blockhain pada dasarnya adalah buku besar digital yang digunakan untuk mencatat transaksi.

Namun, beberapa perusahaan berpendapat bahwa teknologi ini tidak seperti yang dibayangkan, karena terlalu berlebihan bahkan tidak berguna. Tapi beberapa perusahaan dunia telah menerapkannya. Seperti misalnya FedEx, IBM, Walmart, dan Mastercard.

Itu dia teknologi yang diprediksi bakal makin berkembang di 2020. Teknologi semakin canggih dan manusia semakin pintar, jangan sampai kalian gaptek ya guys! Apalagi sekarang era Revolusi Industri 4.0, banyak inovasi teknologi canggih yang ditawarkan dan itu menuntut kalian harus terus update.(*)

 
Related Articles
Current Issues
Peneliti Akan Gunakan "Deep Learning" untuk Tenagai Sinyal 5G dan 6G

Current Issues
Ilmuwan Manfaatkan AI untuk Deteksi Pasien Covid-19 yang Butuh Ventilator

Current Issues
Vietnam Segera Luncurkan Jaringan 5G, Indonesia Kapan Nyusul?