Interest

Bingung Mau ke Mana? Event Tahun Baru 2020 di Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta

Ada pesta kembang api, nikah massal, sampai penampilan Jikustik

Delya Oktovie Apsari

Posted on December 31st 2019

Merayakan Tahun Baru di kota-kota besar? Nggak perlu bingung! Ada banyak banget kegiatan yang bisa kamu lakukan sambil menanti pergeseran jarum jam.

Tim Mainmain.id sudah mengumpulkan deretan event Tahun Baru 2020 yang bisa kamu ikuti di tiga kota, yakni Surabaya, Jakarta dan Yogyakarta.

 

SURABAYA
Jalan-jalan santai di Jalan Yos Sudarso, opera 'JOKER' di Hotel Singgasana, Late Night Shopping

 

Pemerintah Kota Surabaya sendiri nggak menggelar acara ramai-ramai di Kota Pahlawan. Wali Kota Tri Rismaharini mengimbau masyarakat untuk merayakan Tahun Baru tanpa melakukan konvoi. Ditakutkan, kalau konvoi justru berakibat fatal seperti menyebabkan kecelakaan dan melukai orang lain.

Beberapa tahun lalu, pemkot sempat menggelar Car Free Night. Tetapi, pemkot tidak melakukannya di tahun ini. Sebagai gantinya, pemkot membuka Jalan Yos Sudarso yang selama ini ditutup imbas pembangunan basement Alun-alun Surabaya. Jalan yang berada di sebelah Balai Pemuda tersebut bisa dinikmati sambil berjalan kaki atau bersepeda.

Kamu juga bisa experience Tahun Baru dengan cara lain, yakni menonton opera mini di Hotel Singgasana Surabaya. Judulnya sih 'JOKER'. Tapi, ternyata 'JOKER' yang dimaksud adalah Joko Tengger. Jadi, jangan dibayangkan Joker-nya DC Comics, ya...

Opera ini mengadaptasi cerita rakyat Jawa Timur, yakni legenda Joko Seger dan Rara Anteng. Opera mini tersebut dibawakan secara kocak, dan dilengkapi tarian laser serta kabut buatan di area kolam renang. Sounds fun, right?

Next, Late Night Shopping! Membicarakan Surabaya memang nggak lengkap tanpa belanja, apalagi diskonan, hehe.

Well, di perayaan Tahun Baru 2020, mal legendaris Surabaya, Tunjungan Plaza, nggak ngadain Late Night Shopping. Tetapi, banyak outlet mereka yang inisiatif ngadain Late Night Shopping sendiri, seperti Makeover yang diskonnya sampai 70 persen, atau Informa yang menawarkan Hot Deals, voucher, unbeatable price dan special gift. Charles & Ketih juga diskon sampai 70 persen. Nggak ketinggalan Cotton On, Rubi, Levi's, Baskin Robbins, Keds, Lacoste, dan masih banyak lagi!

 

JAKARTA
Car Free Night, nikah massal, konser musik dan Late Night Sale

 

Berbeda dengan Surabaya, Pemprov DKI Jakarta lebih heboh dalam merayakan Tahun Baru 2020. Dilansir dari Detik, ada beberapa acara perayaan Tahun Baru yang bisa dinikmati di Jakarta.

- Car Free Night pukul 17.00 WIB-24.00 WIB sepanjang Jalan MH Thamrin-Spot Budaya Dukuh Atas
- Nikah Massal, Itsbat Nikah hingga marawis mulai pukul 17.00 WIB di Halaman Gedung Balai Kota DKI
- Konser musik di Area Bundaran HI
- Konser musik Pintu Barat Daya Monas
- Hiburan gambang kromong di Jalan Wahid Hasyim (depan Gedung Jaya)
- Gambus hingga fashion show di Spot Budaya Dukuh Atas
- Konser musik dan pesta kembang api di Ancol

Selain itu, Antara juga menulis ada dua mal di Jakarta yang menggelar pesta diskon. Yang pertama adalah Lippo Mall Puri dengan 'Magical Midnight Sale'-nya. Potongan harganya mencapai 80 persen. Kemudan PIK Avenue menggelar Christmas Late Nite Sale yang juga memberi diskon sampai 80 persen.

 

YOGYAKARTA
Nonton teater kocak di hutan, terbangkan 1.000 lampion, pesta kembang api sampai nonton Jikustik

 

Kota budaya yang vibe-nya selalu bikin bahagia ini punya seabrek acara untuk merayakan Tahun Baru. Tempo menulis, ada lima lokasi yang menggelar pesta Tahun Baru.

Yang pertama adalah Hutan Pinus Mangunan Bantul. Hutan yang dekat dengan perkebunan Mangunan dan makam raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta ini punya sederet acara seru. Ada kelompok musik Sri Redjeki yang terkenal dengan kelucuannya, tampil bareng kelompok dagelan di panggung teater Hutan Mangunan.

Lalu, kamu bisa ikut 'Gebyar 1.000 Lampion' di Pantai Goa Cemara Bantul. Nantinya, sebanyak 1.000 lampion bakal diterbangkan menjelang pergantian tahun. Seru banget kan, mendengar deburan ombak, merasakan angin sepoi-sepoi, sambil melihat keindahan lampion bertaburan di angkasa?

Pengin ke gunung? Datang saja ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Bakal ada pertunjukan 'Wayang Kolaborasi Akhir Tahun' dan pesta kembang api 'Ampak Ampak Wiratha'. Dalang yang tampil di antaranya adalah Ki Sucipto D. Yoso, Ki Benyek Catur Kuncoro dan Ki Hariyanto.

Kalau kamu lebih ingin menghabiskan tahun baru dengan menonton penampilan musik, Embung Tonogoro Kabupaten Kulon Progo punya pentas musik jazz. Nggak sekadar jazz, nantinya genre musik tersebut dikolaborasikan dengan aksi teatrikal. Wah, asyik juga rasanya nonton musik sambil menikmati durian, hehe. Soalnya, Kalibawang terkenal sebagai daerah penghasil durian.

Mau nonton musik yang nge-pop? Ada Jikustik yang siap memanjakanmu di GOR Kaliurang. Mereka juga mengadakan pesta kembang api. Sedangkan di Tlogoputri Kaliurang ada orkes Melayu, serta musik-musik Koes Ploes di panggung Wisma Sembada. (*)

Related Articles
Interest
Kenapa Google Doodle Tahun Baru 2020 Bergambar Froggy si Katak Cuaca?

Interest
15 Ide Caption Instagram untuk Postingan Tahun Baru

Interest
Jokowi Resmi Larang Mudik, Siap-Siap Kena Sanksi Jika Masih Nekat