Interest

Kenapa Google Doodle Tahun Baru 2020 Bergambar Froggy si Katak Cuaca?

Delya Oktovie Apsari

Posted on December 31st 2019

 

Si perusahaan raksasa Google kembali dengan desain doodle-nya yang selalu ditunggu-tunggu. Soalnya, selalu ada cerita menarik disajikan di tiap desainnya. Seperti yang ditunjukkan di Google Doodle hari ini, Selasa (31/12).

Google Doodle kali ini merayakan Tahun Baru 2020 dengan latar belakang pemandangan kota besar, dihiasi kembang api di langitnya. Namun, yang menjadi fokus dalam doodle kali ini adalah sosok Froggy!

Katak hijau itu duduk ditemani seekor burung putih bersayap ungu. Froggy tampak sedang menikmati pemandangan laut sambil duduk di atas dermaga kayu. Ia mengenakan topi pesta dan tampak sedang membunyikan terompet di tangannya.

Nah, bagi pengguna Google weather app di ponselnya, pasti sudah familiar sama katak satu ini. Froggy adalah ikon dari aplikasi cuaca Google yang digambarkan punya berbagai aktivitas, tergantung cuaca hari itu. Kalau lagi cerah, dia berjemur. Kalau lagi hujan disertai petir, dia mengintip lewat jendela dari dalam rumah.

 

 

Lho, terus, apa hubungannya Froggy sama Tahun Baru 2020?

Rupanya ini adalah sebuah pun dari pihak Google. Guyonan receh ini sepertinya menurut mereka pas untuk menggambarkan Tahun Baru 2020 yang merupakan Tahun Kabisat.

Dilansir dari FirstPost, Tahun Baru 2020 disebut juga sebagai 'Leap Year'. Kalau di Bahasa Indonesia, artinya adalah 'Tahun Kabisat'. Tahun Kabisat terjadi ketika dalam satu tahun, ada 366 hari. Tahun 2020 termasuk Tahun Kabisat, karena di kalendernya, Februari 2020 mencapai tanggal 29!

Biasanya, Februari hanya berakhir di tanggal 28. Karena ini sudah empat tahun setelah Tahun Kabisat sebelumnya, yakni tahun 2016, jadi 2020 adalah saatnya orang-orang yang lahir 29 Februari berulangtahun!

Oke, terus apa hubungannya sama katak? Hahaha...

'Leap' di sini punya dua arti. Kalau 'Leap Year', artinya Tahun Kabisat. Sedangkan 'leap' aja, itu artinya 'lompatan'. Makanya, Google memilih Froggy sebagai ikon Tahun Baru 2020 karena Froggy adalah katak! Katak melompat, get it? Receh sekali Google ini.

Google juga membagikan pesan pendek dari Froggy di website-nya.

"Froggy is gearing up for New Year's celebrations in any weather. He says he’s most excited about it being a Leap Year. The 2020s are sure to be ribbitting! Once the clock strikes midnight, the new decade begins! Time sure is fun when you’re having flies… Ready to jump in?"

Oh iya, Google Doodle-nya bisa beda-beda lho gambarnya. Tergantung sama cuaca di sekitarmu!

 

 

Tertarik buat lihat doodle apa yang muncul di mesin pencarimu? Langsung aja klik Google.com! (*)

 

 

 

Related Articles
Interest
Bingung Mau ke Mana? Event Tahun Baru 2020 di Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta

Interest
15 Ide Caption Instagram untuk Postingan Tahun Baru

Interest
Resolusi Tahunan Yang Berakhir Jadi Guyonan