Current Issues

Trending Google 2019: Resep 'Pisang Nugget' Banyak Dicari karena Jokowi

Bramantyo Brata

Posted on December 30th 2019

Pangan, adalah salah satu kebutuhan pokok manusia disamping sandang dan papan. Semua manusia pasti butuh yang namanya makan untuk menunjang aktifitasnya sehari-hari.

Tetapi kita sebagai manusia nggak mungkin makan menu makanan yang sama secara terus menerus kan? Bisa-bisa jadi bosan gengs. Sebagian dari kita tak mau ambil pusing dengan membeli makanan yang kita ingin makan. Sebaliknya ada juga orang yang hobi memasak makanan sendiri di rumah.

Mereka biasanya mencari resep masakan di mbah Google. Nah berikut adalah resep makanan yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2019. Penasaran? Langsung aja cek, siapa tau kalian tertarik untuk memasaknya!

Pisang Nugget? Mungkin kedengarannya agak aneh. Yang lazim kita dengar mungkin pisang goreng. Buat kalian yang belum tau, pisang nugget sebenarnya sama saja dengan pisang goreng pada umumnya.

Hanya saja pisang nugget dibuat menggunakan tepung roti seperti nugget ayam yang biasa kita makan. Tak hanya digoreng, toping seperti meses atau liquid dengan rasa manis juga bisa ditambahkan untuk memperkaya rasa. 

Nah Pisang Nugget termasuk resep yang banyak dicari (trending) di Google pada 2019. Penyebabnya ternyata bukan karena orang ingin bisa membuat Pisang Nugget semata. Tapi lebih karena penasaran.

Yup, Pisang Nugget membuat orang penasaran karena Presiden Jokowi sempat berujar di media terkait kudapan yang satu ini. Saat itu Jokowi bilang kalau dia heran dengan omzet jualan anaknya, Kaesang. Putra bungsu Jokowi itu memang punya bisnis kuliner bernama Sang Pisang, usaha ini menjual pisang nugget dan menghasilkan omset yang luar biasa.

Saat Jokowi menyampaikan hal ini, keyword 'Pisang Nugget' langsung viral. Dampaknya, orang pun penasaran dan banyak mencari keyword itu di Google. Puncaknya terjadi pada 10-16 Februari 2019.

Hal itu tampak pada 'Kueri terkait' yang ada di Google Trend. Antara lain 'Jokowi kaget, omzet pisang nugget kaesang kalahkan bisnis mebelnya', 'resep nugget pisang untuk jualan 1000an', 'resep pisang nugget enak', 'pisang nugget terdekat', dan 'nugget pisang kepok'.

 

Menu makanan yang satu ini memakai bahan dasar ceker ayam atau kaki ayam gengs. Meskipun terdengar aneh bagi sebagian orang, makanan ini memiliki banyak peminat juga lho.

Buat kamu yang suka banget makan makanan yang pedas, pasti cocok dengan rasanya. Ceker Mercon ini awalnya adalah merupakan jajaran menu yang ada dalam dimsum. Tetapi sekarang banyak juga yang sudah bisa membuat hidangan ini di rumah. Cocok banget nih buat dimakan saat hawa dingin atau hujan.

Makanan ceker mercon ini mendadak populer karena di Indonesia sedang marak dijual makanan pedas, sebut saja ayam geprek sampai seblak.

Ceker mercon lalu hadir dengan varian lain dan dengan harga yang lebih murah. Selain itu banyak pula beredar manfaat dari mengkonsumsi ceker yaitu mencegah penyakit rematik.

Tidak ada peristiwa monumental yang membuat keyword 'Ceker Mercon' menjadi trending di Google seperti halnya 'Pisang Nugget' yang viral karena ucapan Jokowi.

'Kueri terkait' pada keyword ini sepertinya murni orang ingin bisa memasak menu olahan ceker mercon. Atau ingin membeli menu tersebut. Kueri yang menyertai keyword 'Ceker Mercon' di antaranya: 'resep ceker mercon untuk jualan', 'bumbu ceker mercon pedas manis', 'ceker mercon terdekat', 'harga ceker mercon', dan 'resep ceker mercon kuah'.

 

Bagi penggemar masakan padang, pastinya nggak asing lagi dengan menu makanan satu ini. Rendang Padang adalah daging sapi yang dimasak dengan berbagai rempah seperti kunyit, lengkuas, pala, dan ketumbar.

Humm! kebayang kan gimana sedapnya? Walaupun tidak dimakan dengan komponen nasi padang yang lainnya, menu makanan ini tetap juara deh!

Rendang padang menjadi makanan yang populer karena makanan ini berhasil masuk kedalam daftar 50 makanan terenak di dunia versi CNN.

Pencarian keyword 'Rendang Padang' ini mencapai puncaknya pada sepanjang tahun ini ada dua kali. Yakni pada kurun waktu 2-8 Juni 2019 dan 11-17 Agustus 2019.

Ada apa di kurun waktu itu?

Ternyata pada tanggal itu banyak media yang mengangkat soal Rendang Padang untuk menu lebaran

Sedangkan pada kurung 11-17 Agustus 2019 kemungkinan banyak netizen yang mencari menggunakan 'Rendang Padang' karena adanya berita tentang menu ini yang menjadi favorit di Inggris.

 

Makanan berkuah yang satu ini juga tidak kalah enaknya gengs! Tongseng adalah makanan yang mirip seperti sup dengan cita rasa yang pedas.

Makanan ini sebenarnya adalah makanan asli Indonesia yang dimodifikasi dengan bumbu-bumbu khas Arab dan India. Tongseng biasanya menggunakan daging kambing atau domba, tetapi sekarang sudah banyak tongseng yang menggunakan daging sapi atau ayam gengs!

Makanan ini populer karena sejarahnya yang merupakan kombinasi sate dan gulai. Pada abad 18 hingga 19 masehi para pedagang dari Arab dan India datang ke Indonesia untuk bergadang. Para pedagang dari timur tengah ini kemudian mengenalkan makanan sate kambing dan gulai.

Sate kambing memakai bagian daging sedangkan gulai memakai bagian jerohan. Tak lama pabrik gula dan kecap berkembang di selatan pulau Jawa. Orang-orang pun mencoba memasak daging dengan bumbu gulai dengan tambahan tomat dan kubis.

Jadilah makanan tongseng yang berasal dari kata tong dan oseng, karena makanan ini dimasak di dalam tong dengan cara mengoseng bumbunya.

 

Bicara soal kue lumpur, makanan ini sangat terkenal di daerah Jawa Timur terutama Surabaya dan Sidoarjo. Teksturnya yang lembut dengan campuran kelapa di dalamnya membuat makanan ini punya banyak penggemar. Kamu bisa menembukan resepnya dengan mudah di Google kok! 

Kue lumpur ini mendadak populer karena cerita sejarahnya yang sering dibuat lelucon. Sejarah kue lumpur adalah kue yang benar-benar dibuat dari lumpur untuk mencukupi pangan masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

Total Google membuat 10 daftar resep dengan pencarian paling trending sepanjang 2019. Selain 5 resep di atas, resep lainnya adalah 'Coto Makassar', 'Tahu Crispy', 'Urap Sayur', 'Klapertart', dan 'Jus Wortel'.

Baca juga:

 

 

 

 
Related Articles
Current Issues
Trending Google 2019: Film Luar Didominasi Superhero, Lokal Kisah Melegenda

Current Issues
Trending Google 2019: Bucin Sampai Unicorn Jadi Istilah Paling Banyak Dicari

Current Issues
Trending Google 2019: Kepergian 10 Tokoh ini Beritanya Paling Banyak Dicari