Current Issues

Awas Hoaks! Pemotongan Adegan Donald Trump di Home Alone 2 Tak Terkait Politik

Mainmain.id

Posted on December 28th 2019

Tim cek fakta mainmain.id kembali nih. Kali ini kami akan meluruskan kabar keliru yang sedang ramai diperbincangan di Amerika Serikat. Yakni terkait Donald Trump dan film Home Alone 2: Lost in New York.

Kalian masih ingat kan artikel di mainmain.id yang membahas soal Home Alone 2 dan Donald Trump kapan hari? (Baca: Ditanya Tentaranya Soal Film Natal, Donald Trump Puji ‘Home Alone 2’).

Di artikel itu disebutkan Donald Trump memuji Home Alone 2. Pujian itu datang ketika seorang tentara bertanya pada Trump melalui --tele conference saat Natal-- mengenai Home Alone 2. Di film itu Trump memang muncul sebagai cameo. 

Kejadian itu memang jadi perbincangan di Amerika Serikat saat Natal kemarin. Banyak media-media internasional yang membahas hal tersebut.

Nah, setelah menjadi perbincangan, munculah sebuah disinformasi. Banyak netizen yang mengatakan adegan Trump yang muncul sesaat di film itu pada akhirnya dihapus. Penghapusan itu dikaitkan dengan hal-hal berbau politik.

Misalnya unggahan akun Facebook Michael Alan Basham berikut ini. Dia berujar, "Adegan Trump akhirnya dihapus permanen dari Home Alone 2. Pada akhirnya namanya akan dilucuti dari setiap ruang dan benda publik di Amerika Serikat," kata Michael. Bukan hanya Michael yang berujar demikian. Haters Trump pun banyak yang berujar serupa. 

Padahal faktanya tidak demikian. 

Sebagaimana diketahui, pada Home Alone 2: Lost in New York, gambar Trump memang sempat muncul sebagai cameo. Kemunculannya hanya terhitung beberapa detik saja. Yakni saat Kevin McAllister (bocah pemeran utama di Home Alone) pertama kali sampai di New York dan tersesat. Saat itu Kevin berada di Plaza Hotel Manhattan.

Ketika berada di hotel itu, Kevin (diperankan oleh Macaulay Culkin) terlihat kebingungan. Dia pun bertanya ke seorang pria di mana arah lobi hotel. Pria itulah adalah Donald Trump.

“Di ujung lorong dan ke kiri,” ujar Trump menjawab pertanyaan Kevin.

Saat film ini dibuat, Trump berstatus pengusaha properti sukses di Amerika Serikat. Salah satu kesuksesan Trump adalah berhasil membeli Plaza Hotel Manhattan pada 1988.

Pada perjalanannya Home Alone 2: Lost in New York memang mengalami penyesuaian durasi untuk penayangan di televisi. Sehingga pihak produser harus memotong beberapa adegan di film itu. Total durasi yang dipangkas ada 8 menit.

“Adegan yang dipotong merupakan bagian yang tidak integral dari plot. Seperti adegan Donald Trump itu," ujar Chuck Thompson, head of public affairs Canadian Broadcasting Corp (CBC). CBC merupakan komisi penyiaran di Kanada.

Penyesuaian durasi untuk televisi ini berkaitan juga dengan slot iklan. CBS memastikan pemotongan durasi itu tak terkait dengan aktivitas politik Donald Trump. Sebab pemotongan durasi itu dilakukan pada 2014, sebelum Trump maju sebagai calon presiden.

Jadi hati-hati ya guys! Meskipun kabar keliru ini terkait kejadian di luar negeri, tapi bukan berarti tidak akan sampai ke timeline media sosial kalian. Cek dan ricek sebelum menerima dan menyebarkan informasi dari media sosial.(*)

 
Artikel Terkait
Current Issues
Unggah Foto Editan Berlebihan? Awas Kena Peringatan Instagram

Entertainment
Ditanya Tentaranya Soal Film Natal, Donald Trump Puji ‘Home Alone 2’

Current Issues
Awas Hoaks Coronavirus Catut Dubes KBRI KL