Sport

Timnas Indonesia Kini Dilatih oleh Ahjussi

Shava

Posted on December 28th 2019

Shin Tae-yong resmi bertugas sebagai pelatih kepala tim nasional Indonesia. Ahjussi dari Korea Selatan ini mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun. Tae-yong menjadi pelatih Asia kedua yang menukangi tim Garuda.

Nantinya, pelatih 49 tahun itu tak hanya menangani tim nasional senior. Ia juga membantu tim nasional Indonesia U-16, dan U-19 yang berkiprah di Piala Asia U-16 serta U-19 pada 2020 mendatang.

Selain itu, Tae-yong juga akan membantu pembentukan tim nasional Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Ia juga membantu pembentukan tim nasional Indonesia U-23 yang dipersiapkan turun di SEA Games 2021 di Vietnam.

“Shin Tae-yong akan menjalani progam Jangka panjang dengan kontrak empat tahun. Shin Tae-yong dipilih dengan penuh pertimbangan dengan departemen teknik,” jelas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Sabtu (28/12) siang.

“PSSI ingin membangun tim nasional yang solid dan berprestasi. Tentu hal ini tidak bisa dilakukan secara instan. Shin Tae-yong akan membawa asisten dari Korea, dan (didampingi) beberapa pelatih lokal,” jelas Iwan Bule, sapaannya.

Iwan Bule mengatakan bahwa Tae-yong adalah pilihan yang pas untuk Indonesia. Ia pernah membawa Seongnam Ilhwa Chunma sebagai juara AFC Champions League 2010, dan Korean FA Cup 2011. Ia juga memimpin Korea di Piala Dunia 2018 kemarin.

“Dia juga mendapat tawaran dari Tiongkok. Namun ia bilang bahwa Indonesia lebih menjanjikan talenta tinggi pada pemain usia dini, sehingga ia tertantang. Makanya kami kontrak empat tahun supaya berkesinambungan,” jabarnya.

Tae-yong mencatatkan sejarah sebagai pelatih asal Korea Selatan pertama yang menukangi tim nasional Indonesia. Selain itu, ia menjadi nakhoda Asia kedua d Indonesia. Sebelumnya, tim Garuda pernah dilatih duet Choo Seng Quee-Tony Wen asal Singapura pada periode 1951-1953 silam.

Related Articles
Sport
Shin Tae-yong, Ahjussi Korea Calon Pelatih Timnas Indonesia

Sport
Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Sport
Sitha Marino: Warga Negara Italia yang Ingin Membela Timnas Indonesia