Sport

Hasil Liga Inggris Pekan Ke-18: United Keok, Chelsea Menangi Derbi

Ruediger Korban Rasisme Terbaru

Hilda Rifky

Posted on December 23rd 2019

Terdapat beberapa catatan pada Hasil Liga Inggris Pekan ke-18 ini. Pada Sabtu (21/12) duel Everton versus Arsenal yang berkesudahan dengan skor imbang tanpa gol itu menjadi debut pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Proses kepindahan Arteta yang sebelumnya asisten pelatih di Manchester City berlangsung seret. Arsenal menolak membayar klausul uang yang ditetapkan City untuk tangan kanan Pep Guardiola di City itu.

“Kalau saya tak menerima tawaran Arsenal belum tentu satu saat saya akan naik menjadi pelatih kepala di City,” demikian alasan Arteta seperti dikutip Daily Mail Sabtu (21/12) lalu soal keputusannya meninggalkan City demi Arsenal.

Cerita lain dari Premier League adalah soal blunder kiper Manchester United David De Gea saat melawan Watford di Vicarage Road Minggu (22/12). Saat hendak menangkap tendangan winger Watford Ismaila Sarr, entah apa yang merasuki De Gea, tangkapannya mrucut. (Baca juga: Kalah dari Watford, #OleOut Trending di Twitter).

Insiden De Gea ini membuat warganet mengolok-olok blunder oleh eks kiper Atletico Madrid itu karena kerasukan penyakit blunder kiper Liverpool Loris Karius. Salah tangkap Karius yang paling diingat tentu pada final Liga Champions 2018 saat salah antisipasi tendangan Gareth Bale.

Sementara dari Derbi London antara Tottenham Hotspur versus Chelsea, pelatih Spurs Jose Mourinho harus mengakui keunggulan mantan anak asuhnya Frank Lampard. Chelsea menang 2-0 atas Spurs.

Winger Spurs asal Korea Selatan Son Heung-min juga menerima kartu merah ketiganya tahun ini. Son diusir karena menendang bek Chelsea Antonio Ruediger.

Catatan lain adalah pada menit ke-63 di mana Ruediger terlihat marah dan membuat gestur menggaruk ketiaknya. Hal itu merupakan respon bek timnas Jerman atas sorakan berbau rasis oleh fans Spurs padanya.

"Sangat sedih melihat kembali adanya sikap rasis di pertandingan sepak bola. Namun saya rasa sangat penting untuk bicara masalah ini kepada publik. Jika tidak maka hal ini akan kembali terlupakan untuk beberapa hari ke depan seperti biasanya," cuit Ruediger dalam akun resminya @ToniRuediger.

Hasil Liga Inggris Pekan ke-18 ini sebenarnya kurang komplet. Sebab pertandingan antara Liverpool dan West Ham ditunda. Penyebanya Liverpool yang harus menjalani final Piala Dunia Antarklub melawan Flamengo.(*)

Artikel Terkait
Sport
Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Duo Manchester Tertahan, Chelsea Tumbang

Sport
Tim Away Berjaya di Pekan ke-13 Liga Inggris

Sport
Haaland dan Rekor-Rekor yang Akan Menantinya