Current Issues

Penelitian Sebut Lagu Adele Bantu Redakan Stres Akibat Terjebak Macet

Faanissaa

Posted on December 20th 2019

 

Siapa yang sering terjebak macet saat berangkat atau pulang sekolah? Pasti rasanya stres banget. Nah, ternyata, ada 'obat' untuk stres saat berkendara. Yaitu, mendengarkan lagu-lagunya Adele! Lho, kok bisa?

Mengutip Dailymail, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mendengarkan musik, terutama lagu Adele, dapat meredakan stres dan menjaga kesehatan jantung selama perjalanan.

Seorang peneliti di Brasil melakukan survei kecil-kecilan untuk membuktikan hal ini. Penelitian ini adalah hasil kerjasama antara Universitas Sao Paulo Brazil, Universitas Oxford Brookes, dan Universitas Parma Italia. Tujuannya untuk menghindari potensi kecelakaan mobil di Marilia, Brazil.

Ada lima perempuan muda yang menjadi responden. Masing-masing mengendarai mobil melewati jalur sibuk sepanjang 3 kilometer. Di jam sibuk, jalur tersebut baru bisa dilewati dalam waktu 20 menit.

Setiap responden melewati dua kali tes. Pertama, mengendarai mobil dalam keadaan hening. Selanjutnya sambil mendengarkan musik dalam perjalanan. Dalam kedua tes tersebut, detak jantung responden diukur.

Lagu-lagu yang diputar selama perjalanan itu antara lain ‘Hello’ dan ‘Someone Like You’ versi instrumental milik Adele, ‘Exile’ yang dinyanyikan oleh Enya, ‘Christian Amazing Tom’ versi instrumental milik Chris Tomlin, dan ‘Electra’-nya Aristream yang disebut juga lagu meditasi.

Profesor Vitor Valenti menyebutkan, para peneliti menemukan bahwa tekanan jantung responden menurun saat mendengarkan musik selama perjalanan. Tekanan pada jantung menjadi tolak ukur seberapa banyak ketegangan yang terjadi.

Selanjutnya, Profesor Valenti dan rekan peneliti lainnya fokus pada fluktuasi denyut nadi. Para peneliti mengklain stres saat mengemudi menjadi faktor berkembangnya penyakit kardiovaskular dan komplikasi jantung mendadak.

“Mendengarkan musik bisa jadi langkah pencegahan yang mendukung kesehatan kardiovaskular dalam situasi stres berat seperti mengemudi selama jam sibuk,” ujar Profesor Valenti.

Penelitian tersebut berhasil membuktikan bahwa musik mampu mengurangi fluktuasi detak jantung dari waktu ke waktu. Secara tidak sadar memengaruhi ritme gelombang otak, hingga menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Wah, patut dicoba nih sepertinya. Daripada di jalan stres kena macet terus ngomel-ngomel, coba dengerin suara merdu Adele. Atau kalau mau bikin konten, sekalian aja jadi carpool karaokehehehe... (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Meski Sepele, Tiga Hal Ini Penting Untuk Menjaga Sistem Imun Bekerja Optimal

Current Issues
Peneliti: Tingkat Kecemasan dan Depresi di Kalangan Mahasiswa Terus Melonjak

Current Issues
Survei: Stres Akibat Pandemi Bikin Orang Sulit Membuat Keputusan Dasar