Current Issues

Film Dokumenter Greta Thunberg Tayang 2020

Regina

Posted on December 18th 2019

Greta Thunberg (LA Times). 

Apresiasi terhadap Greta Thunberg terus berdatangan. Sebuah layanan steaming Hulu kini sedang melakukan penggarapan film tentang kisah hidup Greta. Layanan tersebut ingin mendokumentasikan perjalanan Greta dalam memperjuangkan perubahan iklim dunia. Film dokumenter itu nantinya berjudul: Greta.

Sebenarnya film dokumentar ini sudah disiapkan sejak lama. Tim produksi sudah mengikuti pergerakan Greta sejak 2018. Tepatnya ketika aktivis cilik itu memulai aksi School Strike di Stockholm.

Di mana saat itu Greta yang baru berusia 16 tahun itu menarik perhatian publik karena dia bolos sekolah demi mengikuti demo. Dia melakukan aksi di depan gedung parlemen Swedia dengan tuntutan agar pemerintah bertindak konkret dalam menghadapi perubahan iklim.

Dilansir dari Deadline, tim dokumentasi bahkan sudah mengambil gambar-gambar behind the scene dari apa yang dilakukan oleh Greta.

Aksi-aksi Greta selama ini memang akhirnya berdampak besar. Membuat anak-anak muda di negara lain bergerak bersama menyuarakan hal serupa. Tak jarang, aktivis asal Swedia itu juga dipanggil untuk melakukan speech mengenai concern-nya tentang perubahan iklim.

Baru-baru ini majalah Time juga menetapkan Greta sebagai Person of The Year. Forbes yang menetapkan Greta sebagai 100 Perempuan Paling Berpengaruh. Dari sinilah, kemudian ide bikin film dokumenter aktivis cilik itu muncul.

Perjalanan Greta dalam memperjuangkan perubahan iklim tidak mudah. Saat menghadiri petinggi KTT Iklim yang diadakan oleh PBB, Greta bahkan menempuh perjalanan selama 15 hari lewat jalur darat dan laut. Hal itu merupakan bukti bahwa Greta sangat peduli di bidang iklim – dia menolak menggunakan pesawat karena pesawat merupakan alat yang menghabisakan bahan bakar banyak dan membuang banyak emisi ke udara.

Selain itu, tak jarang dia juga mendapat komentar satir dan ujaran kebencian tentang aksinya. Seperti yang dilakukan oleh Trump beberapa hari lalu, saat menyindir Greta yang dinobatakan sebagai Person Of The Year. Tapi Greta tetap santai. Bahkan dia menjadikan bahan sindiran itu sebagia bio di akun Twitternya.

Tapi, di sisi lain Greta juga memiliki banyak pendukung. Seperti Leonardo di Caprio, Michelle Obama, Woody Harrelson, hingga Arnold Schwarzenegger.

Panjang ya lika-liku aktivis cilik itu? Nah, film yang disutradarai oleh Nathan Grossman, dan diproduseri oleh Cecilia Nessen dan Fredirik Heinig ini akan tayang 2020. Jangan lupa nonton ya.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Pidato Greta Thunberg Berdampak ke Kebiasaan Travelling Dunia, Kok Bisa?

Current Issues
Greta Thunberg Bikin Trademark Untuk Nama dan Gerakannya

Current Issues
Greta Thunberg Kecam KTT Iklim COP26, Sebut Acara Itu Sia-Sia