Interest

Abaikan Rivalitas, Jakmania Ulurkan Bantuan untuk Korban Penggusuran Tamansari

Surya Dipa Nusantara

Posted on December 17th 2019

Salah satu borok dari liga sepak bola tanah air adalah perseteruan antar kelompok suporter. Sementara, dalam sejarah panjang persepakbolaan tanah air, rivalitas antara Viking (pendukung Persib Bandung) dan Jakmania (pendukung Persija Jakarta) termasuk yang paling awet. Entah telah berapa dekade mereka terpisah, dan menjadi lawan di dalam maupun diluar lapangan. Korban-korban berguguran, sementara perseteruan mereka belum ada tanda-tanda memudar.

Namun berbeda pilihan tim kesayangan tak menghalangi mereka untuk saling membantu. Atas nama kemanusiaan, sekat tebal yang berada diantara mereka runtuh. The Jakmania, turun ke Bandung dan mengulurkan solidaritas untuk warga Tamansari yang baru saja kehilangan tempat tinggalnya diterpa pengusuran.

The Jakmania menyatakan solidaritasnya kepada warga Tamansari dengan melakukan pelelangan jersey resmi mereka. Keuntungan dari penjualan itu, seratus persen diserahkan kepada warga Tamansari, Bandung. Lewat akun twitter resminya [@bola_Jakarta] mereka melaporkan bahwa telah ada dua puluh kaus yang terjual.

Salah satu inisiator dari gerakan ini adalah salah satu penulis dari situs Bola Jakarta. Ia adalah Rizky. Mulanya, mereka membuka pre-orde kaus untuk kebutuhan maintenance situs yang mereka kelola. Namun, kemanusiaan Rizky terusik jika ia tidak terlibat membantu warga Tamansari yang tengah digusur paksa tanahnya.

"Pertama karena solidaritas sesama manusia. Kedua, kami kan enggak tahu. Mungkin aja kami atau kawan-kawan kami di Jakarta bakal mengalaminya juga di tempat lain," kata Rizki saat di wawancara oleh media.

Aksi mereka untuk melakukan donasi bermula dari akun Bandung Supporter Alliance yang tak henti-hentinya menebarkan kabar tentang kondisi warga Tamansari. Termasuk, mereka juga melaporkan kebutuhan warga, dan membutuhkan uluran tangan dari siapa saja.

Selain menjual kaos, para pendukung Persija Jakarta juga mengumpulkan pakaian bekas layak pakai, untuk disumbangkan kepada para korban penggusuran. Aksi itu pun disambut hangat oleh para bobotoh. Akun Bandung Supporter Alliance misalnya, merkea mengucapkan terima kasih kepada The Jakmania yang telah sudi menepikan rivalitas dan mengutamakan kemanusiaan. Semoga, ini adalah titik terang dari pudarnya perseteruan diantara keduanya.

"Semoga dengan ini temen-temen lain bisa meletakkan urusan kemanusiaan di atas segalanya,"tutup Rizky.

Nah, bagi kalian yang ingin turut bersolidaritas juga bisa lho. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi akun instagram mereka di sini.

 

Artikel Terkait
Esports
Beckham Putra Bawa Persib Bandung Juarai Champions eFootball

Sport
Khairul Imam Zakiri dan Seluruh Pertaruhannya Demi Sepakbola Indonesia

Current Issues
Tamansari Digusur, Ruang Kesenian Anak Muda Bandung Kian Sempit