Interest

Memperingati 30 Tahun 'The Simpsons', Kartun yang Bisa Prediksi Masa Depan

Vita Kartika

Posted on December 17th 2019

Simpsons Family, keluarga ikonik dari series The Simpsons. Yang mana karakter favoritmu? (Time) 

 

Siapa yang nggak kenal The Simpsons? Ternyata, episode pertama dari serial kartun asal Amerika Serikat yang dibuat oleh Matt Groening ini tayang 17 Desember tepat 30 tahun yang lalu, lho! Wah, udah tua banget ya umurnya. Pantas saja kalau The Simpsons kini sudah menyiarkan hampir 700 episode dan menjadi serial televisi Amerika dengan jumlah episode terbanyak dan tayang paling lama.

Melalui tokoh-tokoh berkulit kuning terang ini, The Simpsons mengisahkan kehidupan dinamika keluarga yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie di sebuah kota fiksi bernama Springfield. Walaupun dikemas dalam bentuk kartun, The Simpsons ini ditujukan untuk penonton dewasa, lho. Yap, karena serial ini adalah sebuah sindiran satir atas gaya hidup masyarakat kelas menengah di Amerika. Banyak episodenya yang terang-terangan mengangkat topik yang sensitif atau tabu, seperti kritik terhadap pemerintahan, kecanduan masyarakat terhadap televisi dan minuman keras, serta potret keluarga yang disfungsional.

Dari ratusan episode yang sudah tayang ini, ternyata The Simpsons punya banyak keunikan, lho. Mulai dari salah satu karakternya yang dinobatkan dalam 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia oleh majalah TIME, sampai adanya berbagai prediksi dalam episodenya yang terbukti terjadi di dunia nyata! Wah, penasaran?

 

Pada tahun 1998, majalah TIME menobatkan Bart Simpson sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia

Selain masuk ke daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia, Bart Simpson bahkan juga jadi cover majalah TIME (foto:Time)

Sejak penayangan perdananya pada tahun 1989, episode-episode The Simpsons telah memenangkan puluhan penghargaan. Di antaranya 32 Annie Award (dengan 12 penghargaan untuk Program Animasi Terbaik), 4 British Comedy Award, dan ratusan penghargaan lainnya. Yang menarik, majalah TIME bahkan pernah menobatkan Bart Simpson sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 1998. Dua tahun setelahnya, seluruh anggota keluarga The Simpsons memiliki bintang bertuliskan nama mereka di Hollywood Walk of Fame.


Mulai dari smartwatch, video call, sampai Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ternyata sudah diprediksi dalam episode The Simpsons tahun 1990-an

Wah, serem juga ya, ternyata The Simpsons udah kayak cenayang! (foto:IDN Times)

Percaya nggak percaya, 19 tahun lalu, episode The Simpsons yang berjudul Bart to the Future ‘meramalkan’ bahwa di masa depan Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat. Coba, deh, bandingkan foto asli saat Trump menyampaikan pidato kemenangannya dengan cuplikan scene dari episode ini. Mirip banget, kan? Sang penulis mengatakan bahwa episode tersebut sengaja ia buat untuk menyindir visi Amerika Serikat yang menurutnya semakin gila dan mengerikan. Kini, hal tersebut malah menjadi kenyataan!

Beda lagi dengan episode Lisa’s Wedding yang tayang pada tahun 1995. Ada scene yang menunjukkan Lisa berbincang-bincang dengan sosok ibunya, Marge yang dapat dilihatnya melalui komputer. Padahal di zaman 90-an, belum ada teknologi videocall. Lebih lanjut, ketika Lisa dilamar, sang pacar ternyata menggunakan jam tangan yang ia gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Wah, lihat saja, sekarang, smartwatch sudah banyak diproduksi oleh berbagai merek ternama.


Seluruh karakter dalam The Simpsons hanya memiliki empat jari, kecuali tokoh ini

Tokoh Tuhan adalah satu-satunya karakter di The Simpsons yang punya 5 jari (foto:Pinterest)

Selain punya warna kulit yang kuning terang, ternyata anggota keluarga Simpsons dan lebih dari 100 karakter pendukung di kota Springfield ini hanya memiliki empat jari, lho! Yap, fakta ini memang sudah dikonfirmasi juga oleh sang creator, Matt Groening. Katanya, menggambar empat jari bisa mengurangi banyak waktu bila dibandingkan dengan menggambar lima jari. Tapi nyatanya, ada karakter yang digambarkan memiliki 10 jari sempurna, yaitu tokoh Tuhan.

Sudah berapa episode dari The Simpsons yang pernah kamu tonton? Yang mana episode favoritmu? Yuk, share di kolom komentar, ya! (*)


Artikel Terkait
Entertainment
Nggak Hanya ‘The Simpsons’, ‘Archie Comics’ Juga Ahli Prediksi Masa Depan!

Entertainment
13 Perusahaan Fiksi di Dunia Film Ini Tampak Nyata

Lifestyle
Vans Siapkan Koleksi Terbaru untuk Peringatan Hari Jadi The Simpsons