Current Issues

Tak Hanya Dipuja, Greta Thunberg Juga Sering Jadi Sasaran Hoaks

Surya Dipa Nusantara

Posted on December 16th 2019

Sebuah pepatah lama mengatakan: semakin tinggi pohon, maka akan semakin kencang pula angin yang menerapanya. Begitu juga di kehidupan aktivis belia bernama Greta Thunberg. Seiring namanya kian meroket lewat sederet penghargaan (baca juga:Greta Thunberg Jadi 'Person of the Year' Majalah Time), berita hoaks tak henti-hentinya mendera Greta Thunberg.

Dari puluhan kabar bodong tersebut, salah satu yang paling kontroversial adalah yang diunggah oleh Eduardo Bolsonaro, putra dari mantan presiden Brasil Jair Bolsonaro.

Dalam salah satu cuitannya di Twitter, Eduardo mengunggah foto Greta Thunberg tengah menyantap makan siang di dalam kereta. Di luar kereta, wajah anak-anak kulit hitam yang tampak tengah kelaparan hanya bisa menyaksikan kudapan Greta.

Tak lupa, ia pun membubuhkan sebuah kalimat bernada provokatif, seolah-olah Greta telah merampas masa kecil anak lain untuk eksistensi dirinya sendiri. “You stole my childhood," tulis Eduardo.

Tak berhenti disitu, ia pun juga menambahkan artikel tentang tawaran dana miliader asal Hungaria-Amerika, George Soros yang disodorkan kepada Greta. Ia juga berangapan bahwa pendidikan Greta juga disokong oleh George Soros ‘Open Society’.

Foto itu ternyata hasil manipulasi. Di foto itu memang Greta sedang makan di dalam kereta. Tapi pemandangan luarnya bukan anak-anak Afrika yang terlihat memelas. Dari pengecekan yang dilakukan tim cek fakta mainmain.id, ternyata foto anak-anak Afrika itu berasal dari situs chrisalfredfoundation.com.

Di situs terdapat galeri foto yang menceritakan kehidupan anak-anak di seluruh dunia yang memilukan. Di galeri itu terdapat foto yang menggambarkan anak-anak Afrika sedang menanti orang-orang yang datang memberikan harapan. Foto aslinya bisa kalian lihat di bawah ini:

Nah terkait isu penerima Greta juga tidak mendasar. Greta sama sekali tak pernah menerima aliran dana maupun sokongan apapun dari George Soros.

Alhasil, akibat postingan ngawurnya itu Eduardo dikutuk oleh senator Brasil, Elizane Gama, yang merupakan bagian dari komisi Hubungan Luar Negeri Brasil. Ia mengatakan bahwa tudingan itu merupakan hal yang tidak bertanggung jawab. Gara-gara masalah ini, ia akan mempertimbangkan ulang permohonan Eduardo sebagai Duta Besar Brasil.

Hoaks yang menimpa Greta bukan itu saja. Baru beberapa hari lalu, Greta juga diisukan memiliki senjata laras panjang dengan tipe rifle. Video tersebut diunggah akun twitter @Skiplols. Video itu viral. Ditonton ratusan ribu orang.

Dalam unggahannya akun Twitter @Skiplols mengatakan Greta dua kali lebih berbahaya daripada kerusakan alam. Karena, ia memiliki senjata dan seolah-olah siap menghabisi siapa saja.

Namun setelah dilacak, ternyata perempuan yang berada di video itu bukanlah Greta Thunberg. Video itu adalah Emmy, pemilik akun twitter @eslinge. Saat diwawancara oleh AFP, Emmy mengatakan bahwa sebetulnya ia bangga karena dianggap mirip oleh bocah inspiratif, Greta Thunberg.

“Tapi usia saya mungkin 15 tahun lebih tua daripada Greta. Dan saya sangat menyesalkan pihak yang menggunakan video ini untuk melakukan hal jahat kepada perempuan brilian seperti Greta,” tukasnya. Ia pun juga mengkonfirmasi di akun twitternya bahwa video tersebut bukanlah Greta, melainkan dirinya.

Nah, jadi mulai sekarang jadi mudah percaya ya dengan berita-berita kontroversial. Lebih baik cek dulu di berbagai situs terpercaya. Kalau kalian menemukan kabar yang meragukan, tanya saja ke akun-akun Instagram mainmain.id.(*)

Related Articles
Current Issues
Awas Hoaks! Pesan Palsu Pencegahan Coronavirus Catut UNICEF

Current Issues
Awas! Hoaks Starbucks Larang Karyawannya Ucapkan Selamat Natal

Current Issues
Selebriti dan Politisi Kunci Penyebaran Konten Salah Terkait Covid-19