Opinion

Ngarti Ora Son Kalau Nama-nama di Islandia Punya Aturan Ketat?

Hakiki Hijriawan

Posted on June 25th 2018

Setiap tim yang berlaga di Piala Dunia memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya nama pemain Islandia yang bikin kepo seantro dunia. Yap, coba lihat 23 pemain Islandia yang berlaga di Piala Dunia pasti memiliki nama berakhiran son. Hmm, sebenarnya apa ya arti di balik akhiran nama pemain negeri Skandinavia itu? simak yuk ulasannya.

Usut punya usut, Islandia memang negara yang sangat ketat di semua hal. Sampai perihal nama aja pemerintah Islandia mengaturnya melalui komite nama Islandia atau National Register of Persons. Setiap orang tua yang pengin memberi nama maka harus melapor ke lembaga itu. Nantinya, komite itu bakal memberikan keputusan, apakah si bayi yang baru lahir itu boleh mendapat nama itu ataupun nggak, hmm agak ribet yaa hehe.

Hal itu nggak terlepas dari budaya patronomik di Islandia. Setiap nama warga negaranya menggunakan nama depan dari sang ayah. Udah gitu, setiap warga negaranya haris menambahkan imbuhan son (untuk laki-laki) atau dóttir (umtuk perempuan) sebagai tanda jenis kelamin dari pemilik nama.

Jadi seperti pola yang dicontohkan dalam family tree di atas, misal nama si kapten tim Gylfi Sigurdsson. Gyfli merupakan nama yang diberikan oleh orang tuanya, lalu nama itu ditambahkan dengan sang ayah yaitu Sigurd. Dan, voilaaa imbuhan son untuk laki-laki pun ditambahkan, jadilah namanya Gifly Sirguddson. Begitupun sebaliknya untuk perempuan. Wah cukup rumit tapi unik ya, sampai nama aja semua diatur oleh pemerintah.

Related Articles
Opinion
Ini dia Tipe Penonton Waktu Nobar Piala Dunia

Sport
A Week in Review World Cup: Kejutan Bertebaran, Kekalahan Memalukan

Entertainment
Mengenang Kenakalan-kenakalan Pussy Riot, Band Punk Kontroversial Milik Rusia