Interest

Gak Pede Motret Pakai Ponsel? 5 Tips ini Perlu Kalian Coba!

Kitaro Desmonda Santoso

Posted on December 15th 2019

Di era digital seperti sekarang ini rugi banget kalau kalian masih gak pede mengabadikan momen alias motret. Sebab, momen seru yang kalian lakukan dengan temen-teman tidak bisa gitu saja diingat tanpa adanya foto. 

Kalian mungkin menghadapi berbagai masalah ini ketika ingin motret. Gak punya kamera, gak bisa motret, atau bahkan motret selalu jelek.

Nah, sebenarnya alasan-alasan di atas sih karena kalian kurang pede (percaya diri) saja. Berikut beberapa hal yang membuat tingkat pede kalian bisa meningkat, meskipun hanya memotret pakai ponsel:

1. Manfaatkan apa yang kamu punya

Maksimalkan apapun yang kalian punya dengan cara terus-menerus mencoba device yang kalian. Pahami karakteristik device tersebut. Dengan cara ini kalian lebih paham bagaimana cara menggunakan semaksimal mungkin device kalian. Termasuk mengatasi berbagai kelemahan device tersebut. Misalnya kamera ponselmu kurang peka terhadap cahaya rendah, berarti kalian perlu siapkan aksesoris lampu tambahan. Atau motretnya yang diganti ke daerah dengan pencahayaan bagus.

 

2. Berani mencoba hal baru

Ambil foto yang tidak pernah kalian lakukan sebelumnya. Selain itu, coba lawan rule of thirds mungkin bisa membuat kalian menemukan wawasan baru.

 

3. Minta kritik dan saran ke orang yang kalian anggap lebih pro.

Setelah kalian motret, cari beberapa hasil yang menurut kalian paling baik. Setelah itu minta kritik dan saran kepada orang yang kalian anggap lebih menguasai dalam bidang fotografi. Dan pastinya jadikan kritik dan saran sebagai pelajaran untuk motret ke depannya.

 

4. Gabung komunitas fotografi

Ini adalah salah satu aspek terpenting dalam mengatasi kurang pede dalam motret. Sebab dengan bergabung ke komunitas, kalian bisa mendapatkan info, tips dan pastinya bisa meminta kritik dan saran kepada anggota grup lainnya. Contoh beberapa komunitas fotografi handphone yaitu iPhone photography, phonegrapher, dan masih banyak komunitas lagi yang bisa kalian temukan di fitur Line open chat.

 

5. Sering-sering cari referensi dari Instagram, Pinterest atau Google

Jadikan referensi sebagai pacuan kalian untuk kalian lebih semangat memotret. Cari referensi di berbagai sumber lalu lakukan “ATM” (Amati, Tiru, Modifikasi). Tentu ATM yang dimaksud di sini adalah versi atau style kalian sendiri ya.

Selama mencoba, di bawah ini merupakan karya-karya penulis yang cuma dipotret pakai ponsel. 

 
Related Articles
Interest
Koleksi Foto: Berkeliling Ibu Kota dengan MRT Jakarta


Interest
7 Buah Anti-Dehidrasi ini Baik Dikonsumsi Saat Puasa!