Current Issues

25 Kota yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin 26 Desember

Drian Bintang

Posted on December 15th 2019

Pada 26 Desember ada 25 kota di Indonesia yang dilewati Gerhana Matahari Cincin. (Kumparan) 

Masyarakat Indonesia memang tidak bisa merayakan White Christmas. Sebab Indonesia merupakan negara tropis yang tidak akan turun salju. Tapi, pada 26 Desember ini kalian akan menikmati fenomena alam lainnya. Yakni, terjadinya Gerhana Matahari Cincin. Fenomena ini bisa dinikmati di 25 kota di Indonesia.

Gerhana Matahari sendiri terjadi ketika cahaya matahari terhalang oleh Bulan ketika hendak menuju ke Bumi. Hal tersebut membuat tidak semua cahaya matahari sampai ke Bumi. Fenomena ini terjadi karena pergerakan dinamis antara Matahari, Bumi, dan Bulan. Ini biasanya terjadi setiap fase bulan baru, alias new moon.

Nah, Gerhana Matahari Cincin sendiri merupakan fenomena yang terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada di satu garis lurus. Bentuk Matahari yang terhalang oleh Bulan sepenuhnya ini akhirnya membentuk cahaya seperti cincin. 

Fenomena ini yang jarang sekali terjadi. Jadi, kalian harus siap-siap menyambut Gerhana Matahari Cincin yang akan berlangsung 11 hari lagi itu. Jika ketinggalan, kalian harus menunggu selama 12 tahun ke depan untuk melihat fenomena yang sama. Sebab, Gerhana Matahari Cincin diramalkan baru akan datang lagi pada 21 Mei 2031.

Gerhana Matahari Cincin ini akan melalui 25 kota di Indonesia. Ke-25 kota tersebut ada di 7 provinsi yang berbeda di Indonesia. Yang bikin sedih, Gerhana Matahari Cincin tidak akan melewati satu kota pun di Pulau Jawa.

Masyarakat di Pulau Jawa hanya akan melihat Gerhana Matahari Parsial. Sebab Pulau Jawa tidak dilewati oleh bayangan utama (umbra), sehingga gerhana Matahari tidak akan terlihat seperti cincin. Masyarakat yang tinggal di Jawa hanya melihat Matahari seperti bulan sabit.

Gerhana Matahari Parsial di Pulau Jawa akan berlangsung pada pukul 10.42 WIB. Puncaknya, terjadi pukul 12.36 WIB, dan akan mulai sirna pada 14.23 WIB.

Sedangkan Gerhana Matahari Cincin yang terjadi di 25 kota akan berlangsung pada jam yang berbeda-beda. Berawal di Sabang pada 11.49 WIB, dan akan mengalami puncak di kota terakhir di Jayapura pada 15.51 WIT.

Inilah Kota dan Provinsi yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin:

Aceh

Sumatra Utara

Riau

Kepulauan Riau

Kalimantan Barat

Kalimantan Timur

Kalimantan

 

 
Related Articles
Current Issues
Siap-siap Saksikan Gerhana Matahari Pertama 2020, Bisa Dilihat via Online

Current Issues
Rindu Bau Hujan dan Seruak Kenangan

Current Issues
Waspada, Hujan Ekstrem Diprediksi Terjadi Pertengahan Januari 2020