Portrait

Nama Sri Mulyani Masuk Dalam Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Surya Dipa Nusantara

Posted on December 14th 2019

Nama perempuan Indonesia kembali terpacak sebagai 100 Perempuan Paling Berpengaruhdi tahun 2019 versi Majalah Forbes. Sri Mulyani, Menteri Keungan Indonesia, menduduki urutan ke-76. Nama Sri Mulyani berdiri setara bersama Kanselir Jerman Angela Markel yang menduduki peringkat pertama, dan Christine Lagarde, Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) di posisi kedua. Sri Mulyani menjadi satu-satunya nama yang lolos di ajang bergengsi dunia itu.

Indikator Forbes dalam menentukan pengaruh dari 100 perempuan itupun beragam. Bisa dari pemerintahan, filantropi, seniman, ataupun media. Selain Sri Mulyani, ada nama-nama selebriti populer seperti Rihanna, Beyonce, Taylor Swift dan Reese Witherspoon. Forbes, memilih memasukan nama Sri Mulyani diantara sederet perempuan-perempuan gemilang di dunia ini karena, Sri Mulyani memiliki andil dalam menambah pendapat negara lewat reformasi pajak. Caranya, adalah dengan layanan e-filling yang menunjak kepatuhan membayar pajak.

“Tahun lalu, Sri Mulyani memperoleh penghargaan Menteri Terbaik yang prestisius di World Government Summit atas usaha-usahanya untuk menerapkan reformasi,” tulis Forbes.

Jika dilihat dari perjalanan kariernya, Sri Mulyani selalu berhasil berprogres dengan baik saban tahunnya. Ia pertama kali terjun ke pemerintahan lima belas tahun lalu. Di tahun 2004, Ia diberi mandat sebagai kepala Badan Perencanaan Nasional (Bapenas) di rezim kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia mengeksekusi kepercayaan tersebut dengan apik. Hingga di tahun 2005, ia diangkat sebagai menteri keuangan. Begitu juga di tahun 2010. Sri Mulyani kembali diberi kepercayaan jabatan yang sama.

Sri Mulyani juga bersuara lantang tentang persamaan gender saat ia berkesempatan menjadi bagian dari Bank Dunia di tahun 2010. Ia, menuntut bahwa seharusnya perempuan mempunyai ruang yang sama di gelanggang politik internasional, yang baginya terlalu male oriented—di dominasi oleh laki-laki. Keberanian itu kelak akan melejitkan nama Sri Mulyani. Tak hanya berhasil meraih kesetaraan di dunia yang patriarkis, ia juga dipilih sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia tahun ini.

Nah, Sri Mulyani adalah inspirasi bahwa bermodal keberanian, perempuan akhirnya juga bisa merebut kemerdekaan dengan tangannya sendiri. Terus mengispirasi perempuan Indonesia, bu Sri Mulyani!

 

 

Related Articles
Current Issues
Menurut Penelitian, Laki-laki Lebih Rentan Terkena Covid-19 Daripada Perempuan

Interest
Mengapa Laki-Laki dan Perempuan Tak Bisa Punya Persahabatan yang Murni?

Entertainment
Calvin Harris, Sang DJ 531 Miliar Tampil sebagai Penutup DWP 2019