Current Issues

Greta Thunberg Ganti Bio Twitter Untuk Sindir Trump

Regina

Posted on December 14th 2019

Bio Twitter Greta (@GretaThunberg)

 

 

Greta Thunberg si aktivis cilik itu baru saja menerima penobatan sebagai Person of The Year versi majalah TIME. Setelah menerima penghargaan itu, ia mendapat respon kurang sedap dari presiden paling julid se-dunia, Donald Trump. Trump mengejek aktivis berkebangsaan Swedia itu sebagai anak kecil yang tak sanggup mengendalikan amarhnya.

"Konyol sekali. Greta menurut saya punya masalah dalam mengendalikan amarahnya. Kamu harusnya pergi menonton film-film klasik bersama teman sebayamu. Santai, Greta! Santai" cuit Trump di akun Twitternya. 

Namun, Greta lebih secara cerdas menanggapi respon Trump, dengan berbalik menjahilinya. Secara sarkastik, ia mengubah bio Twitternya dengan komentar Trump. Ia menulis “Seorang remaja yang sedang berupaya mengatasi masalah pengendalian amarahnya. Saat ini sedang santai menonton film klasik bersama teman,” di bio Twitternya. Hal tersebut menuai tepuk tangan dari warganet. 

Ini adalah kali kedua Greta menanggapi respon Trump dengan elegan. Ia membalas sarkasme Trump dengan kejahilan a la anak-anak yang mengulang-ulang ejekan temannya. Lewat hal ini, justru Trump tampak gagap, karena argumennya ternyata sama sekali tak berpengaruh. Justru, bagi Greta, Trump tak lebih dari lelucon saja.

Salah satu momentum lain Greta menanggapi cuitan Trump dan digubah menjadi bionya adalah, setelah gadis cilik berambut ikal itu menampaikan pidato di PBB bulan September lalu. Setelah Greta turun panggung, Trump langsung meresponnya dengan tweet yang berbau sarkastik.  “Dia tampak seperti gadis muda yang sangat bahagia menantikan masa depan yang cerah dan indah. Sangat menyenangkan untuk dilihat!” cuit Trump. Greta pun mengubah bionya dengan nada yang sama. Secara santai, ia memperkenalkan dirinya sebagai 'Gadis muda yang sangat bahagia menantikan masa depan yang cerah dan indah. 

Meskipun Greta sempat didera kritik sebagai anak yang tak beradab dari pada simpatisan Trump, tak sedikit juga yang menilai bahwa kejahilan Greta itu adalah sebuah bentuk keberanian. Sebagian justru meletakan harapan di pundak Greta tentang masa depan alam, dan menjadikannya patron sikap generasi muda hari ini. Salah satu yang paling giat mendukung dan mengapresiasi sikap dari Greta adalah Michelle Obama, istri dari mantan presiden Amerika Barack Obama. 

“Jangan biarkan siapapun meredupkan semangatmu. Seperti gadis-gadis yang saya temui di Vietnam dan seluruh dunia, kamu memiliki banyak hal untuk ditawarkan pada kita semua” tulisnya untuk Greta. Michelle pun tak menyebut nama Trump, dia menambahkan pesannya lagi, “Abaikan yang meragukan kamu dan ketahuilah jutaan orang banyak yang mendukungmu,” ungkap Michelle Obama. 

Okay, Greta. Memang baiknya kita sebagai anak muda tak perlu menganggap serius tudingan dari baby boomer yang barangkali memang tidak relevan. Mengutip kalimat seorang aktivis perempuan, Emma Goldman: Lebih baik dilupakan, daripada selamanya diingat karena menyerah. Pantang mundur, Greta~ (*)

 

Related Articles
Current Issues
Greta Thunberg Jadi 'Person of the Year' Majalah Time

Interest
Greta Thunberg Cerita Pernah di-Bully: "Aku Sangat Kesepian"

Current Issues
Malam Tahun Baru Pakai Knalpot Brong? Gak Malu Sama Greta Thunberg