Interest

Azura Luna, Penipu Indonesia yang Mengaku Putri Keraton dan Lulusan Harvard

Regina

Posted on December 13th 2019

Azura Luna Mangunhardjono (Instagram)

 

Azura Luna Mangunhardjono adalah nama paling dicari di Hong Kong. Perempuan ini terjerat banyak kasus penipuan. Dia memperdaya orang kaya, pemilik apartemen, hinggga pembantu di Hong Kong, Prancis, Amerika Serikat, dan Italia. Para korban pun beramai-ramai melaporkan perempuan ini.

Artikel yang dirilis oleh South China Morning Post pun banyak mengulik perempuan ini. Parahnya, Azura mengaku sebagai anak dari para ‘Crazy Rich’ dan mengaku sebagai putri keraton di Indonesia. Dia juga mengaku sebagai pekerja sosial yang sering berpergian menggunakan jet pribadi. Kehidupan yang mewah ini diperolehnya karena Azura mengaku-ngaku penghasilannya mencapai USD 150 perbulan serta mendapat warisan sebanyak USD 30 juta.

Kenalan-kenalannya pun makin percaya karena dia banyak meng-upload gemerlap kehidupannya di media sosial. Tipuannya semakin berkembang setiap bertemu dengan orang baru. Salah seorang yang kena bualannya adalah Jason, mantan pacar Azura asal New York. Mereka bertemu di sebuah Hotel Four Season.

Azura pun mengaku bahwa dia memiliki saham sebesar 10 persen dari hotel itu, karena keluarganya merupakan salah satu dari 10 orang terkaya di Indonesia. Ia menyebut ibunya adalah pengacara yang pernah membantu kemenangan Bill Clinton menjadi presiden. Dia juga dibesarkan di negara-negara besar dunia seperti Paris dan London serta Bali.

Jason tidak sadar kalau ditipu. “Dia bisa melakukan penipuan itu dengan sangat meyakinkan. Karakternya sangat hidup, sungguh luar biasa, susunan ceritanya pun meyakinkan dan dalam,” kata Jason seperti dilansir dari Vice Indonesia.

Dilansir dari Kompas, cara penipuan Azura pun cukup unik. Dia pernah meminjam uang kepada salah satu kenalananya di Jakarta. Cara Azura untuk mendapat uang pinjaman adalah dengan membuat pesta palsu dan mengundang orang-orang kaya. Di situ korban percaya, karena dalam pesta itu Azura juga mengumbar kekayaannya.

Dia bahkan mengaku sebagai lulusan universitas ternama di dunia yaitu Harvard dan Brown University, serta memiliki rumah dengan belasan kamar di luar negeri. Wow!

Selain Jason dan kenalan Azura di Jakarta itu, ada pula Robert dan Diane yang menjadi korbannya. Mereka bertemu di website Ripoff Report. Para korban pun membuat group di WhatsApp untuk menyelidiki kasus penipuan Azura.

Tak hanya itu, ada sebuah organisasi lelang di Hong Kong yang melaporkan Azura ke polisi karena dia tidak membayar barang yang dibelinya seharga 305 juta rupiah. Selain itu masih banyak lagi kasus penipuan yang dilakuakannya, pembantunya bahkan belum dibayar hingga 8 bulan bekerja.

Ckckck... Kalau kaya gini harusnya Azura sudah jadi daftar orang paling dicari, karena pinjamannya udah sampai jutaan dollar. (*)

Related Articles
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Aura Pack, Tie-Dye Shoes ala Vans yang Gak Nguras Tabunganmu

Interest
Hari Terakhir Pangeran Harry dan Meghan Markle sebagai Anggota Keluarga Kerajaan