Interest

Kisah Horor Nyata Terseram SMA Negeri di Surabaya! Ada Sekolahmu?

Ada monyet bermata merah sampai kesurupan massal

Vita Kartika

Posted on December 13th 2019

Urban legend apa yang pernah kamu dengar tentang sekolahmu? (Rawpixel)

 

Dengan beragam budaya, tradisi, dan kepercayaan yang ada, Indonesia memang nggak bisa dipisahkan dengan hal-hal mistis atau kisah-kisah horor. Tiap daerah seakan punya urban legend­-nya sendiri. Tapi, kisah horor nggak terbatas ada di lokasi-lokasi serem lho, kayak pekuburan, gedung kosong, atau hutan belantara. Faktanya, tempat kita menghabiskan waktu sehari-hari juga bisa menyimpan misteri. Sekolah, misalnya. Ngaku deh, kamu pasti pernah kan mendengar setidaknya satu cerita “konon katanya” di sekolahmu? Nah, kali ini, tim mainmain.id sudah merangkum empat sekolah di Surabaya dengan kisah mistisnya yang paling terkenal. Berani baca?

SMA Negeri 2 Surabaya

Gerbang depan SMA Negeri 2 Surabaya (foto:Pesona Cagar Budaya Surabaya)

Sekolah yang satu ini sejak dulu bukan cuma favorit, tapi juga terkenal dengan kisah-kisah angkernya. Bangunan sekolah yang kerap disingkat Smada ini memang sudah ada sejak era penjajahan. Bahkan, sederet ruang kelas di lantai 1 telah dijadikan cagar budaya. Artinya, model kelas itu nggak boleh diubah sedikitpun. Mulai dari pintunya yang lawas, jendelanya yang tinggi, ubin lantainya, sampai kursi dan meja murid yang nyambung jadi satu dan bikin repot kalau ada pulpen jatuh.

Pada zaman pendudukan Belanda dan Jepang dulu, SMA komplek (1, 2, 5 dan 9) merupakan satu sekolah yang bernama Hogere Burger School (HBS) Surabaya, tempat presiden pertama Indonesia Soekarno pernah mengenyam pendidikan. Begitu banyak peristiwa dan tragedi kemanusiaan terjadi di Smada, dan konon sampai sekarang membekas.

Beberapa urban legend yang paling terkenal adalah kehadiran noni-noni Belanda di koridor berbentuk L di lantai 1, yang merupakan gedung cagar budaya. Sudah banyak yang pernah berjumpa langsung dengan noni ini, mulai dari penjaga sekolah, murid, sampai guru. Konon, noni ini tampil sangat cantik dengan gaun ala nyonya Belanda yang terhormat, lengkap dengan tatanan rambut dan ornamen payung. Menurut kesaksian mereka yang pernah bertemu langsung dengan si noni, ia sering terdengar tersedu-sedu di lorong dengan wajah penuh bercak darah, dan, tentu saja, melayang tanpa menapak tanah! Selain noni Belanda, ada juga yang pernah melihat anak-anak kecil berlarian dan bersenda-gurau dalam Bahasa Belanda. Wah, serem juga, ya!


SMA Negeri 5 Surabaya

Salah satu lorong di SMA Negeri 5 Surabaya (foto:satriadharma.com)

Karena dulunya merupakan satu bangunan yang sama, kisah-kisah mistis di SMA Negeri 5 Surabaya juga nggak jauh berbeda dengan yang terjadi di Smada. Konon di Smala, pernah ada beberapa siswa pecinta alam yang menginap karena esok paginya akan melakukan pendakian. Tiba-tiba, mereka mendengar suara hentakan langkah kaki seperti kegiatan baris-berbaris ketika upacara. Semakin lama, suaranya semakin keras dan berirama. Tapi, ketika mereka melihat ke lapangan tengah maupun lapangan basket, sama sekali tidak ada apa-apa. Samar-samar, mereka juga mendengar kalau komando aba-aba yang lantang itu bukan dalam Bahasa Indonesia, tapi dalam Bahasa Jepang.

Ada juga cerita dari penjaga sekolah yang kebagian tugas jaga malam. Ketika berkeliling sekolah, matanya bertemu pandang dengan ujung sepatu boots yang berjalan di koridor. Dia melihat tubuh seorang tentara berseragam lengkap yang hampir seluruhnya bersimbah darah. Seramnya lagi, serdadu itu tidak berkepala! Konon, sebelum berakhirnya pendudukan tentara Nippon dulu, SMA Negeri 5 Surabaya sempat menjadi lokasi pertumpahan darah antara pasukan Jepang dan masyarakat pribumi.


SMA Negeri 6 Surabaya

Salah satu lapangan di SMA Negeri 6 Surabaya (foto:Wikimapia)

Sebelum jalan protokol ini bernama Gubernur Suryo, dulunya SMA Negeri 6 Surabaya dibangun di jalan Simpang nomor 11. Tak lama setelah Indonesia merdeka, gedung ini sempat dipakai sebagai markas militer sebelum akhirnya pada tahun 1958 difungsikan sebagai SMA Negeri 6 Surabaya.

Di Smanam ini, konon dulu ada dua pohon beringin yang bersisian di halaman sekolah tersebut. Saat ini, hanya tinggal satu pohon beringin yang masih ada. Kebanyakan kisah-kisah mistis di Smanam ada kaitannya dengan pohon beringin ini. Misalnya seperti kesaksian beberapa orang yang mengaku melihat ada monyet putih bermata merah di atas pohon ketika malam hari. Padahal, tidak pernah ada monyet di lingkungan sekolah.

Selain itu, pernah juga ada kejadian ketika persami. Sebelum jurit malam, panitia persami mengabsen para siswa yang mengikuti kegiatan. Siswa yang disebut namanya dipersilahkan masuk ke dalam ruangan. Ketika itu, semua nama sudah selesai disebutkan, tapi ada satu siswa yang masih berdiri di barisan karena namanya belum diabsen. Wah, terus kira-kira siapa tuh tadi yang masuk dan menyerupai dia?


SMA Negeri 16 Surabaya

SMA Negeri 16 Surabaya yang terletak di jalan raya Prapen (foto:Wikimapia)

Kisah mistis di SMA Negeri 16 Surabaya ini nggak main-main, guys. Masalahnya, pernah terjadi kesurupan masal di sini. Beberapa tahun yang lalu, di area letter U yang merupakan wilayah kelas 10, terjadi kesurupan masal di beberapa kelas tersebut. Sampai-sampai pihak sekolah menghentikan kegiatan belajar mengajar dan melakukan doa bersama.

Nggak cuma itu, di sixteen ini bahkan ada seorang guru yang merangkap sebagai ‘orang pintar’ tiap ada kasus mistis terjadi. Setiap ada acara yang berlangsung sampai malam atau bahkan menginap, pak guru ini pasti selalu mendampingi. Konon, SMAN 16 Surabaya ini memang dikenal sebagai ‘Istana Setan’ di area Prapen. Ada juga urban legend yang mengatakan kalau beberapa kali ada seorang nenek-nenek yang memanggul kayu menyebrang di jalan Prapen. Padahal, di sekitar situ nggak ada hutan. Menurut desas-desusnya sih, tiap ada yang ‘melihat’ si nenek kayu itu, maka nggak lama berselang akan terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa di sekitar sana. Hii, merinding!

Gimana dengan sekolahmu? Ada urban legend yang pernah kamu dengar? Atau jangan-jangan kamu sendiri pernah mengalami? Yuk cerita di kolom komentar!


Related Articles
Interest
Podcast Horor Terseram Buat Friday The 13th-mu

Cerpen
Itu Bukan Mama!

Current Issues
Sejarah, Mitos, dan Fakta tentang Takhayul Friday the 13th