Interest

5 Sepatu Basket dengan Cerita Bersejarah Michael Jordan di NBA

Bramantyo Brata

Posted on December 13th 2019

 

Siapa sih yang nggak mengenal legenda basket dunia satu ini. Benar sekali, Michael Jordan adalah salah satu pemain basket yang namanya dipakai untuk produk sepatu brand Nike. Sekarang sepatu Jordan dengan logo jump man sudah bergerak sendiri.

Meskipun dibanderol dengan harga yang mahal, sepatu basket Jordan memiliki nilai tersendiri bagi para penggemarnya. Para fans Jordan menganggap sepatu basket Jordan punya sejarah di setiap perjalanan karir Michael Jordan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

 

Air Jordan 1 "Bred"

Sepatu inilah yang menjadi awal kesuksesan Jordan bersama Nike. Padahal awalnya Jordan lebih memilih untuk bekerja sama dengan Converse karena ia sangat menyukai bentuk sepatu Chuck Taylor.

Akhirnya Jordan luluh juga dengan Nike yang terus mengejar dirinya untuk menjadi brand ambassador. Air Jordan 1 dengan colorway "Bred" sebenarnya sempat dilarang untuk dipakai di NBA karena menggunakan warna merah.

Saat itu warna sepatu yang diperbolehkan NBA adalah putih, hitam dan biru. Akhirnya sepatu ini menjadi dobrakan baru untuk sepatu basket di NBA.

 

Air Jordan 3 "Black Cement"

Minimnya penjualan AJ 2 membuat Michael Jordan ingin berpindah ke brand Adidas kala itu. Tetapi kemunculan Air Jordan 3 membuat MJ mengurungkan niatnya.

Ia jatuh cinta dengan desain yang dibuat oleh Tinker Hatfield. Air Jordan 3 ini dipakai Michael Jordan untuk memenangkan slam dunk contest pada tahun 1988.

 

Air Jordan 4 "The Shot"

Pada pertandingan kelima play off tahun 89, Chicago Bulls berhadapan dengan Cleveland saat itu. Pada 3 detik terakhir Bulls tertinggal dengan skor 100-99 dan mendapatkan kesempatan throw-in.

Michael Jordan yang berhasil mendapatkan bola langsung melakukan tembakan dua angka dan menghasilkan poin. Ia mengubah kedudukan menjadi 100-101 untuk kemenangan Bulls.

Pada saat momen itu, MJ memakai Air Jordan 4 sehingga sepatu ini dijuluki "The Shot". Siluet sepatu ini seringkali disebut sebagai desain terbaik Tinker Hatfield setelah AJ 3.

 

Air Jordan 6 OG

Sepatu basket Air Jordan 6 memang tidak memiliki desain sekeren seri pendahulunya. Tetapi sejarah yang membuat sepatu ini begitu dikenang oleh para fans Michael Jordan.

Pasalnya pada tahun 1991, Michael Jordan mengenakan sepatu ini saat berhasil memenangkan cincin NBA pertamanya. Banyak foto Michael Jordan yang sedang berpose melayang dengan mengenakan sepatu Air Jordan 6 ini.

 

Air Jordan 12 "Flu Game"

Pada laga ke-5 final NBA tahun 1997. Saat itu Bulls berhadapan dengan Utah Jazz, kedua tim sama sama mengoleksi 2 kemenangan di game sebelumnya.

Michael Jordan sangat ingin mengunci gelar juara keempat bagi Bulls. Padahal saat itu, ia sedang dilanda demam.

Jordan tetap bermain dan menyumbangkan 38 poin untuk Bulls dan mengantarkan timnya memenangi laga. Saat itu Jordan memakai sepatu AJ 12 ini, maka dari itu sepatu ini dijuluki "Flu Game"

Uniknya, Jordan hanya memakai sepatu ini di pertandingan itu saja. Versi asli dari AJ 12 dengan tanda tangan Michael Jordan dilelang dengan harga tinggi untuk membiayai uang sekolah dari anak asistennya.

Related Articles
Sport
Mahkamah Agung Tiongkok Menangkan Michael Jordan dalam Sengketa Merek Qiaodan

Lifestyle
Penawaran Lelang Air Jordan Edisi Perdana "Chicago" Sudah Pecahkan Rekor

Sport
High atau Low-Top Sneakers, Mana Yang Lebih Aman?