Interest

Lewat 4 Kanal YouTube ini, Kamu Bisa Belajar Empati sampai Filsafat

Vita Kartika

Posted on December 11th 2019

Apa channel Youtube kesuakaanmu? (Rawpixel)

 

Kalau sedang youtube-an, biasanya channel apa sih yang kalian tonton? Makeup tutorials? Unboxing produk? Room tour influencer kesayanganmu? Perbandingan khasiat skin care? Carpool karaoke? Atau potongan-potongan episode dari tayangan favorit kalian?

Youtube memang punya banyak banget pilihan video untuk ditonton, guys. Dari yang serius dan berbobot banget, sampai yang receh banget. Kali ini, tim mainmain.id punya rekomendasi 4 channel Youtube yang nggak cuma seru, tapi juga bisa jadi sarana yang pas buat kamu belajar hal-hal baru. Belajar nggak cuma di sekolah saja, lho. Dengan 4 channel Youtube ini, kamu bahkan bisa memperoleh perspektif segar sambil goler-goler di kasur. Gimana, tertarik?

The School of Life

Beberapa episode dari channel The School of Life (foto:Youtube The School of Life)

Memiliki lebih dari 5 juta subscribers, channel The School of Life ini andalan banget buat kamu yang punya rasa ingin tahu yang tinggi. Kayaknya sih, kamu penasaran sama hal apapun, ada semua jawabannya di sini. Hehe. Dari bahasan yang deep seperti tentang filosofi, sampai hal-hal keseharian yang sering dianggap remeh tapi ternyata ada penjelasan logisnya juga. Misalnya nih, tentang mengapa seseorang bisa berubah? Atau mengapa kita terkadang merasa membenci diri kita sendiri? Jadi penasaran juga, kan?

Serunya lagi nih, The School of Life ini punya tampilan animasi yang menarik banget! Dijamin deh kamu nggak akan bosan ketika nonton.


Jubilee

Beberapa episode dari channel Jubilee (foto:Youtube Jubilee)

Melalui konten videonya, Jubilee bertujuan untuk menjembatani orang-orang dengan segala jenis keberagaman, mulai dari perbedaan identitas seperti ras, agama, dan budaya, sampai perbedaan prinsip hidup dan pilihan. Waduh, tubir dong isinya? Sama sekali enggak! Di Jubilee, kita diajak untuk mendengarkan pendapat dari kedua belah pihak, sekaligus memahami kenapa mereka punya pemikiran demikian. Tanpa ada asumsi-asumsi yang judgemental.

Di akhir tiap episode, kita nggak akan disuruh memilih mana yang menurut kita paling benar. Bukan itu tujuan video Jubilee. Alih-alih, kita bakal bisa memahami kalau apa yang kita anggap benar belum tentu dianggap benar juga oleh orang lain, begitu pula sebaliknya. Dan hal itu sah-sah saja kok, yang penting tidak merugikan orang lain. Wah, pantas saja ya Jubilee punya sekitar 4,3 juta subscribers.


Cut

Beberapa episode dari channel Cut (foto:Youtube Cut)

Di kolom about-nya, Cut cuma menulis penjelasan yang singkat banget: Cut is for everyone. Tapi memang deskripsi ini tepat kok. Di channel Youtube Cut, kamu akan disuguhi dengan video-video yang terlihat ringan tapi justru akan mengaduk-aduk emosimu. Seperti di segmen LINEUP, yaitu social experiment yang akan mengumpulkan beberapa orang nggak saling kenal di suatu ruangan. Nantinya, salah satu orang akan disuruh menebak, kira-kira individu mana yang punya identitas tertentu, misalnya pekerjaan, usia, agama, hal favorit, dan sebagainya. Hasilnya? Banyak yang salah tebak!

Perempuan yang badannya tinggi langsing, seringkali langsung diasumsikan sebagai model, padahal sebenarnya dia bekerja sebagai desainer grafis. Laki-laki yang sukai pakai fashion streetwear langsung dilabeli sebagai anarkis, padahal sehari-hari dia bekerja sebagai pegawai kantoran. Di segmen ini, secara nggak langsung kita diajari agar tidak mudah berasumsi dan memberi label pada orang lain.

Masih banyak juga segmen lain yang nggak kalah seru dan inspiratif. Seperti segmen yang mempertemukan ayah dan anak dalam sesi lie detector test, 6 anak muda yang satu kontrakan tapi nggak pernah ngobrol bareng dikasih challenge, sampai ketika ibu dan ibu mertua bermain pingpong sambil berbincang bersama. Seru deh pokoknya!


Hiho Kids

Beberapa episode dari channel Hiho Kids (foto:Youtube Hiho Kids)

Hiho Kids adalah channel Youtube yang tergabung di dalam rumah industri Cut. Seperti namanya, Hiho Kids ini memfitur anak-anak kecil sebagai pemeran utama dari video-videonya. Hm, memangnya apa yang bisa kita pelajari dari anak kecil? Wah, jangan salah. Di tiap episode Hiho Kids, tema yang diangkat selalu mempromosikan empati dan kebersamaan. Belum lagi pemerannya yang diverse dan pastinya gemes!

Beberapa segmen videonya ada Kids Try, Kids Meet, Kids Learn, dan Kids Describe. Bisa dibilang, Kids Try adalah salah satu segmen terfavorit. Di video-videonya, anak kecil ini memberikan review terhadap makanan yang mereka coba. Respon mereka lucu dan polos banget, apalagi kalau mereka habis mencoba makanan yang nggak familiar. Makanan khas Indonesia juga sudah pernah difitur di segmen ini, lho! Beda lagi dengan Kids Meet, yang mempertemukan anak-anak ini dengan orang dewasa dari beragam profesi dan latar belakang. Pengen tahu kira-kira bocah ini tanya apa ke pemadam kebakaran atau nenek berusia 101 tahun? Cus deh, langsung tonton aja videonya!


Related Articles
Interest
Pukulan Buat Twitch! YouTube Buat Kontrak Eksklusif dengan PewDiePie

Interest
Jerome Polin dan Jehian Panangian Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia, Keren!

Interest
Yuk, Olah Raga di Rumah Sambil Nonton 5 Kanal YouTube ini!