Interest

Mendikbud Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional!

Delya Oktovie Apsari

Posted on December 11th 2019

 

Akhirnya nggak cuma wacana! Seneng kan baca judulnya? Hehehe... Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, mengatakan Ujian Nasional (UN) akan benar-benar dihapus! Yeay!

Ini berarti, tahun 2020 bakal jadi tahun terakhir penyelenggaraan UN, karena format penguji kompetensi selain UN baru akan dilaksanakan 2021.

“Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter,” ucap Nadiem dilansir dari Harian Riau, Rabu (11/12).

Ketika ditanya alasan Nadiem menghapus UN, menurutnya hasil UN nggak benar-benar mencerminkan prestasi belajar siswa. Materinya pun terlalu padat. Akhirnya, siswa nggak begitu memahami pelajaran, melainkan sekadar menghafal saja.

“Ini sudah menjadi beban stres antara guru dan orangtua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu,” katanya.

Selain itu, UN hanya menilai aspek kognitif, tapi belum mampu mengukur karakter siswa secara holistik.

Kalau nggak ada UN, terus ujiannya apa? Nah, pengganti UN adalah Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Nadiem menjelaskan, asesmen ini meliputi kemampuan bernalar menggunakan bahasa atau literasi, kemampuan bernalar menggunakan matematika tau numerasi, dan penguatan pendidikan karakter.

Semoga ini solusi terbaik untuk dunia pendidikan Indonesia, ya! Semangat terus, pelajar! (*)

Related Articles
Current Issues
Ingat UN Tidak Dihapus! Malah Jadi Penentu PPDB Jalur Prestasi

Interest
S1 Hanya Wajib 5 Semester, Mahasiswa Boleh Ambil Jurusan Lintas Prodi

Interest
Yuk Kenalan dengan Rumah Belajar! Bimbel Online ala Kemendikbud