Interest

Kalian Masih Pake OS ini di Android dan iPhone? Siap-siap Gak Bisa Pake WhatsApp

Delima Pangaribuan

Posted on December 11th 2019

 

Kabar buruk buat pengguna setia WhatsApp. Aplikasi chatting sejuta umat ini bakal dinonaktifkan di beberapa jenis sistem operasi Android dan iOS. Artinya, akan ada banyak pengguna yang nggak bisa lagi pakai WhatsApp di handphone-nya.
 
Seperti diberitakan Yahoo! News, WhatsApp akan menghentikan layanan mereka di sejumlah perangkat HP yang masih didukung sistem operasi lawas. Pemutusan layanan itu bakal berlaku mulai 1 Februari 2020 mendatang. Makanya, cek HP-mu apakah benar-benar termasuk device yang bakal terdampak.
 
Penghentian layanan ini termasuk kita nggak bisa lagi mendaftar atau membuat akun baru. Juga, nggak bisa dipakai verifikasi akun lama jika kita ingin memindah nomor WhatsApp kita ke HP tersebut. 
 

Facebook sebagai bapak perusahaan WhatsApp memberikan pernyataan resmi pada 10 November 2019. "WhatsApp akan berhenti beroperasi di jutaan ponsel beberapa bulan ke depan bersamaan dengan keputusan perusahaan menarik dukungan untuk perangkat-perangkat tua," tulisnya seperti dikutip Yahoo! News.
 
 
Inilah daftar HP yang bakal terdampak dan nggak bisa pakai WhatsApp lagi mulai Februari tahun depan:
 
1. iPhone dengan iOS 8 ke bawah (banyak dipakai di iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, iPad 2)

 
2. Android versi 2.3.7 ke bawah (Gingerbread) untuk HP Android keluaran tahun 2010-2011
 
 
Lebih lanjut, WhatsApp menyatakan bahwa Android yang bakal aman adalah versi 4.0.3 atau Ice Cream Sandwich ke atas. Kemudian untuk perangkat iPhone 4 ke atas yang sudah pakai iOS 9 juga dinyatakan bakal aman dan tetap bisa mengakses WhatsApp.
 
Bahkan, untuk Windows Phone, WhatsApp sudah menarik layanannya sejak 31 Desember 2019 nanti. Lebih cepat daripada perangkat lain. Tanggal itu disamakan sama hari penarikan layanan Microsoft dari seri Windows Phone 10 mereka.
 
Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg ingin membuat aplikasi instant messaging yang terintegrasi. Jadi aplikasi chat antara WhatsApp, Facebook, dan Instagram bisa terkoneksi dan memudahkan pengguna. (*)
Related Articles
Tech
Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap

Interest
Apple Luncurkan Beta iOS yang Terkoneksi dengan Instagram dan Facebook

Interest
Facebook Siapkan 'Facebook Pay', Bisa Juga Digunakan di WhatsApp dan Instagram