Interest

Ini 10 Potret Kotagede, Yang Katanya Terindah Se Asia

Bisa Jadi Pilihan Libur Natal dan Tahun Barumu

Faanissaa

Posted on December 11th 2019

CNN internasional merilis data 13 Kota terindah di Asia akhir Agustus lalu. Dari semua kota indah di Indonesia mereka memilih Kotagede, sebuah kecamatan di Jogjakarta. Setidaknya CNN Internasional punya empat alasan, kenapa memilih Kotagede.

1. Keindahan Arsitektur

CNN menyebutkan keindahan Kotagede sudah terlihat sejak abad ke-15. Saat itu kawasan tersebut menjadi tempat Kerajaan Mataram Islam. Kerajaan terakhir yang berdiri sebelum Belanda menjajah tanah Jawa.

Ketika itu, banyak orang kaya yang membangun rumah dengan gaya arsitektur Kalang. Yakni perpaduan arsitektur kolonial Belanda dan tradisional Jawa. Perpaduan arsitektur yang masih terjaga membuatnya fotogenik.

Pengunjung bisa menikmati keindahan ini dengan berjalan kaki atau bersepeda. Sebab banyak gang-gang kecil yang menarik untuk ditelusuri. Bangunan yang ada pun tidak hanya bernilai sejarah tapi juga punya nilai seni.

 

2. Kerajinan Perak

Di awal abad ke-20, industri perak mulai muncul di Kotagede. Tepatnya di Jalan Kemasan. Kerajinan perak tersebut bermula ketika Panembahan Senapati meminta abdi dalemnya untuk membuatkan perhiasan dari perak dan emas.

Hingga kini pelancong yang datang ke Kotagede masih bisa mengunjungi galeri, butik, hingga workshop yang memamerkan hasil kerajinan perak. “Mulai dari perhiasan, kotak perhiasan, hingga peralatan makan,” dikutip dari CNN internasional.

 

3. Makam Para Raja Mataram

Salah satu spot yang Instagramable adalah kawasan makam raja-raja Mataram. Lokasinya sekitar 100 meter dari Pasar Kotagede.  Makam ini menjadi tempat peristirahatan terakhir Panembahan Senopati, Ki Gede Pemanahan, dan Sultan Hadiwijaya. 

Tembok besar berdiri kokoh mengelilingi tempat peristirahatan terakhir tersebut. Pengunjung pun tidak bisa sembarangan masuk. Harus berganti baju adat Jawa dulu dan melepas perhiasan emas.

 

4. Masjid Agung Mataram

Masjid tersebut disebut-sebut sebagai masjid tertua di Jogjakarta. Masjid ini juga menjadi peninggalan Kerajaan Mataram. Gapura yang ada di depan masjid bentuknya masih menyerupai tempat peribadatan umat Hindu dan Buddha.Masjid ini menjadi salah satu benda cagar budaya Jogjakarta yang dibangun pada tahun 1587 oleh Panembahan Senapati Sutowijaya.(*)

Nah bagi kalian yang belum ada rencana liburan mau melancong ke mana, coba aja ke Kotagede. Nih 10 potret ciamik yang ada di Kotagede: 

1. Masjid Gedhe Mataram

 

 

 

 

 

 

Related Articles
Interest
Ini Trik Hadapi Suhu Ekstrem di Bromo

Interest
Awas Kalap Belanja di Bangkok!

Interest
Lihat Batu, Tetap Eksis, Sambil Belajar