Entertainment

Mulai dari Youngjae GOT7 sampai Kai EXO Ancam Sasaeng lewat Instagram

Delya Oktovie Apsari

Posted on December 10th 2019

 

Kehidupan idol K-Pop nggak jauh dari fans. Sayangnya, hal tersebut nggak selalu bermakna positif. Soalnya, banyak juga stalker yang berkedok fans, yakni sasaeng. Reputasi sasaeng di Korea Selatan memang nggak diragukan lagi. Mereka sudah benar-benar melakukan harassment kepada idol.

Kasus-kasusnya pun panjang. Detailnya kebanyakan mengerikan. Walaupun para agensi yang menaungi para idol ini sudah mengancam untuk melakukan tindakan secara hukum, tapi nyatanya ancaman-ancaman ini nggak membawa pengaruh besar bagi sasaeng.

Menuju akhir 2019 pun, masih banyak idol yang harus berhadapan dengan sasaeng. Saking kesalnya, tanggapan mereka pun semacam ada levelnya. Yang awalnya cuma curhat, memperingatkan, mengancam akan melaporkan ke polisi, sampai benar-benar dilaporkan ke polisi.

Baru-baru ini, perang idol dengan sasaeng terjadi antara Kai 'EXO', Youngjae 'GOT7' hingga Nayeon 'TWICE'.

 

1. Youngjae 'GOT7'

 

Ini kesekian kalinya Youngjae memprotes perilaku sasaeng melalui Instagram resminya @333cyj333. Ahgase, sebutan fans GOT7, pun mendukung Youngjae dengan menaikkan tagar #JYPE_Protect_GOT7. Tagar tersebut naik setelah Youngjae mengunggah tulisan di Instagramnya, Selasa (10/12).

Dilansir dari Soompi, terjemahan isi tulisannya adalah, "Tolong, entah kamu orang Korea maupun orang asing, berhenti meneleponku. Kalau kamu nggak mau melihatku benar-benar jadi gila. Kamu terus-terusan menelepon tiap jam dalam sehari, nggak peduli itu siang atau malam, jadi aku nggak bisa tidur dan aku bisa gila. Khawatir? Kamu SMS aku, chat KakaoTalk-ku, dan meneleponku karena kamu khawatir denganku? Itu justru membuatku semakin stress dan bikin aku semakin gila, jadi hentikan."

 

 

Ahgase pun tampak sangat sedih mengetahui isi hati Youngjae. Salah satunya @jeansaeee747. Ia berharap sasaeng bisa menghargai privasi mereka dan melihat idol sebagai manusia. Ia juga meminta JYP Entertainmet, agensi GOT7, melakukan tindakan serius atas kasus ini.

Sayangnya, perilaku nggak wajar sasaeng ini juga terjadi di member GOT7 lainnya, yakni Jackson. Bahkan, sasaeng tersebut menyebarkan alamat rumahnya dan orang tuanya! Ckckck...

 

2. Kai 'EXO'

 

Pada hari Sabtu (7/12), Kai siaran langsung di Instagramnya. Ia menunjukkan rambutnya yang baru saja dicat warna hitam, lalu membicarakan tentang MV terbaru EXO, 'Obsession'. Setelah ketawa-ketawa, tiba-tiba ekspresi wajahnya berubah. Dilansir dari Koreaboo, Kai mengatakan bahwa ada sasaeng di luar dorm EXO.

"Ini nggak ada hubungannya, tapi kayaknya ada sasaeng berdiri di luar dorm. Pergi, cepat. Atau aku telepon polisi," ancam Kai.

 

 

Ini bukan pertama kalinya Kai mengekspos sasaeng yang terus mengikutinya. Dulu ia pernah melakukannya di awal tahun 2019.

Kai pun bukan satu-satunya member EXO yang mengancam melaporkan sasaeng ke polisi. Chanyeol justru telah melaporkan dua sasaeng ke polisi. Diduga, kedua sasaeng tersebut mencoba memasuki studionya. Kejadian tersebut rupanya terjadi pada bulan April. Duh, serem banget ya...

 

3. Nayeon 'TWICE'

Satu lagi grup asuhan JYP Entertainment yang harus berhadapan dengan sasaeng, yakni TWICE. Salah satu membernya, Nayeon, punya sasaeng yang berasal dari Jerman! Tapi, dia bela-belain stalking Nayeon ke Korea.

Sasaeng tersebut beranama Josh. Para ONCE -- fans TWICE -- sudah melaporkan Josh ke JYP. JYP juga telah menganggap serius masalah ini dan secara resmi memperingatkan sasaeng -- meski mereka nggak secara gamblang menyebut bahwa itu Josh.

Kisah Josh dibongkar oleh fans TWICE yang membeberkan DM-nya di Twitter. Ceritanya, Josh pengin banget ketemu Nayeon lalu memintanya jadi pacarnya.

Josh pun cerita ke fans tersebut kalau dia bolak-balik ke gedung JYP demi bisa ketemu Nayeon. Ugh, so creepy!

 

4. Jungkook 'BTS'

Anggota BTS, Jungkook, juga kerap menjadi target ulah sasaeng. Pada 17 Juni 2019, Jungkook sedang siaran langsung di V App untuk mengobrol bersama fans. Tiba-tiba, ada orang yang menelepon ponsel pribadi Jungkook.

"Ini adalah telepon dari penggemar. Dia bilang 'Kamu lagi V-Live dan aku baru aja menelepon untuk mengecek' Aku langsung memblokir teleponnya. Aku sebenarnya mendapat banyak telepon dari sasaeng," kata Jungkook.

Bukan cuma Jungkook, SUGA 'BTS' juga pernah berurusan dengan sasaeng. Mereka terus menguntit BTS selama di Bandara Incheon, dan sengaja berada dalam jarak yang sangat dekat dengan mereka. Sasaeng pun dengan bangganya posting di Instagram Story.

Lucunya, ketika menyadari sedang diikuti sasaeng, SUGA merespon dengan merekam balik sasaeng itu. Tindakan tersebut bisa jadi dilakukan SUGA sebagai peringatan kalau SUGA punya bukti wajah si sasaeng, dan dia bisa melaporkannya kapan saja.

 

5. Wanna One


Meski sudah bubar, kisah tentang ganasnya sasaeng grup jebolan Produce 101 ini nggak ada habisnya. Paling gila, gara-gara kerjaan sasaeng, 360 penumpang pesawat dipaksa turun!

Ceritanya, ada empat penumpang asal Tiongkok yang meminta turun dari pesawat rute Hong Kong-Seoul. Mereka mengaku sengaja membeli tiket first class hanya untuk dekat dengan Wanna One. Nah, setelah puas melihat wajah member Wanna One, mereka ngotot minta turun dari pesawat.

Ulah nggak masuk akal keempat sasaeng itu pun membuat penerbangan tertunda satu jam, dan seluruh penumpang berjumlah 360 orang harus ikut turun demi memastikan pesawat aman dari barang-barang berbahaya. Ya ampun, ada-ada saja ya... (*)

 

Related Articles
Entertainment
IU X Suga Bakal Berhadapan dengan 10 Idol Cowok yang Comeback Mei!

Korea
Dianggap Berbahaya, Ini 4 Sasaeng Paling Populer di Dunia KPop

Korea
Inilah 5 Hal Paling Mengerikan yang Pernah Dilakukan Sasaeng Pada Idol K-Pop