Sport

Aji Santoso: Indonesia Berpeluang Besar Mengulang Pencapaian di SEA Games 1991

Shava

Posted on December 10th 2019

Aji Santoso masih ingat betul momen ketika tim nasional Indonesia mengalahkan Thailand pada final sepak bola SEA Games 1991. Menurut Aji, menjadi bagian dari tim Indonesia yang meraih emas SEA Games adalah salah satu momen terindah dalam kariernya.

Kini, 28 tahun berselang, Indonesia kembali ke final SEA Games 2019. Skuad besutan Indra Sjafri akan berhadapan dengan Vietnam, Selasa (10/12) malam di Rizal Memorial Stadium, Manila.

“Dulu kami juara di Filipina. Sekarang Indonesia akan bermain di tempat yang sama. Jujur Indonesia punya peluang untuk mengulang sejarah itu,” ucap pria yang kini melatih Persebaya Surabaya tersebut.

Ada sejumlah catatan, dan masukan yang disampaikan Aji untuk Osvaldo Haay dan kawan-kawan. Pertama, Aji meminta para pemain mempersiapkan mental menghadapi laga puncak. Mereka tidak boleh grogi. Harus memiliki semangat pantang menyerah.

“Kedua, Indonesia jangan bermain bola-bola long pass. Ketika Vietnam memakai bola-bola pendek, Indonesia juga harus melakukan itu. Kenapa? Karena mayoritas pemain Indonesia saat ini berkelas semua. Pemain berkualitas,” ujarnya.

Aji kembali menekankan tentang pentingnya bermain bola pendek bagi tim Indonesia. “Sebab materi pemain Indonesia itu sangat mumpuni untuk bermain bola-bola bawah,” imbuh eks pelatih tim nasional U-23 itu.

Ketiga, Aji berharap penggawa Indonesia belajar pada pertandingan melawan Vietnam di babak grup, dan laga kontra Myanmar di semifinal. Saat bertemu Vietnam di Grup B, Indonesia sempat unggul 1-0, sebelum kalah 1-2.

Kejadian ini hampir terulang melawan Myanmar. Sempat unggul 2-0, Indonesia terkejar menjadi 2-2. Beruntung Indonesia bisa menambah dua gol pada babak extra time, dan menang 4-2.

“Jangan sampai ketika sudah unggul, malah kebobolan lagi. Sebelum peluit panjang harus tetap fight, fokus, dan tetap semangat. Untuk itu Indonesia juga harus konsisten dengan cara bermainnya. Dengan cara bermain yang sudah disampaikan pelatih,” jabar Aji.

Juru taktik asal Kepanjen ini juga kagum dengan penampilan salah satu anak buahnya di Persebaya, Osvaldo Haay. Pemain asal Jayapura ini tampil konsisten selama SEA Games. Bahkan, Osvaldo telah mencetak delapan gol, dan menjadi top scorer.

“Mudah-mudahan di pertandingan final ini tim Indonesia berada dalam puncak performanya,” harap Aji.(*)

Related Articles
Sport
Shin Tae-yong, Ahjussi Korea Calon Pelatih Timnas Indonesia

Sport
Deras Pujian Mochammad Supriadi Sang Pahlawan Tim Garuda Select

Sport
Eksklusif! Begini Kondisi Evan Dimas Setelah Diterjang Pemain Vietnam