Current Issues

Selalu Gagal Memenuhi Resolusi? Sambut Tahun Baru dengan Tips Ini!

Vita Kartika

Posted on December 27th 2019

Sudah mau memasuki pertengahan Desember nih. Persiapan apa yang sudah kamu lakukan buat menyambut tahun 2020 nanti? (Rawpixel) 

Perayaan tahun baru selalu identik dengan tradisi membuat resolusi. Resolusi ini biasanya memuat harapan dan impian yang ingin kita capai di tahun mendatang. Tapi, tahukah kamu kalau tingkat kegagalan dari resolusi tahun baru bahkan mencapai angka 80 persen?

Dilansir dari Inc, berdasarkan U.S News & World Report, resolusi tahun baru ini bahkan sudah ditinggalkan ketika kita memasuki pertengahan Februari. Wah, berarti banyak banget yang gagal dong? Hmm, kalau kamu sendiri, berapa banyak resolusi tahun 2019-mu yang saat ini sudah tercapai?

Nggak usah khawatir, kalau resolusi tahun barumu lebih banyak yang gagal daripada yang tercapai, mungkin permasalahannya bukan ada pada dirimu, melainkan ada pada caramu membuat resolusi.

Dilansir dari Psychology Today, resolusi tahun baru biasanya gagal tercapai karena resolusi tersebut terlalu general. Misalnya, I want to be happier in 2020! Wah, abstrak banget, kan?

Bahagia yang seperti apa nih maksudnya? Resolusi yang terlalu general kayak gini susah untuk diukur tingkat ketercapaiannya. Di sisi lain, resolusi tahun baru seharusnya dibuat sembari meninjau apa-apa yang sudah berhasil dan belum berhasil kita capai di tahun sebelumnya. Pasti kita mau lebih baik dong, di 2020?

Pro-tip: hindari resolusi yang terlalu abstrak dan tidak bisa diukur keberhasilannya, ya! (Rawpixel)

Caranya gampang kok. Kamu tinggal meluangkan waktu untuk mengingat-ingat kejadian-kejadian yang sudah kamu lalui. Momen apa yang kamu anggap penting? Momen apa yang membuatmu paling bahagia? Momen apa yang membuatmu paling sedih? Momen apa yang paling berharga bagimu di tahun 2019?

Lalu, kamu bisa mulai mengkategorikan aspek-aspek dalam hidupmu yang kamu anggap penting. Misalnya nih, dalam aspek akademik, relationship, hiburan, spiritual, dan lain-lain.

Kalau kamu masih bingung, kamu bisa ikuti beberapa guide dari tim mainmain.id ini!

Di tahun 2020 mendatang, terkait aspek akademik, adakah hal yang ingin kamu ubah? Adakah hal yang ingin kamu capai? Misalnya, kamu sekarang lagi kelas 12 dan ingin masuk jurusan tertentu. Atau kamu ingin dapat nilai 100 di salah satu mata pelajaran tertentu pas ujian nanti. Bisa juga kamu ingin jadi peserta di kompetisi storytelling Bahasa Inggris. Apapun itu, tuliskan saja dengan spesifik, ya!

Di tahun 2020 mendatang, terkait aspek relationship, adakah hal yang ingin kamu ubah? Adakah hal yang ingin kamu capai? Misalnya, kamu ingin lebih terbuka dengan orangtuamu. Kamu bisa mulai dengan menceritakan kejadian di sekolah sambil makan malam santai. Atau kamu ingin berpacaran dengan lebih sehat, kamu bisa mengobrol heart to heart dengan pacarmu tentang batasan-batasan dalam hubungan kalian—apa yang perlu pacarmu ketahui dan apa yang tidak. Yang penting, tujuannya harus untuk stress-free 2020!

New year, new me! (Rawpixel)

Kalau sudah selesai membuat list dengan lengkap, kamu bisa mulai menentukan prioritasmu di resolusi 2020 ini. Kalau perlu, pasang resolusimu ini di spot yang mudah kamu lihat setiap hari. Misalnya di meja belajarmu, atau jadikan saja wallpaper di HP atau laptop-mu! Semakin sering kamu melihatnya, kamu akan semakin sering teringat dan bersemangat untuk mencapainya.

Gimana, sudah siap belajar dari kesalahan dan kegagalan di 2019? Sudah siap menyambut 2020 sebagai awal yang baru untuk mewujudkan mimpi-mimpimu? Ingat, resolusi dibuat untuk dicapai. Selamat membuktikan!(*)

Artikel Terkait
Interest
Resolusi Tahunan Yang Berakhir Jadi Guyonan

Interest
5 Strategi Berbasis Sains Ini Bantu Capai Resolusi di Tahun Baru

Lifestyle
5 Alasan Harus Move On dari Masa Lalu, Entah Itu Orang atau Kejadian Tertentu