Sport

Filipina Rebut Medali Emas Kedua Esports dari Kategori DOTA 2

Drian Bintang

Posted on December 10th 2019

Filipina kembali mendapatkan emas dari cabor esports di SEA Games 2019. Setelah sebelumnya mereka meraih emas dari kategori Mobile Legends Bang-Bang (MLBB) dengan mengalahkan timnas Indonesia, kini mereka merebut emas dari kategori DOTA 2. Di partai puncak, mereka mengalahkan Thailand.

Timnas Filipina sendiri diwaliki oleh salah satu tim esports profesional ternama di sana, yakni Tim Sibol. Di kategori DOTA 2, Timnas Filipina memainkan 5 pertandingan. Dari semua pertandingan itu mereka mengungguli Timnas Thailand dengan skor 3-2.

Pada putaran pertama, mereka bahkan berhasil mengalahkan Thailand dengan serangan cepat. Hanya dalam kurun waktu kurang dari 40 menit.

Tim Filipina berhasil melakukan push pada pertahanan lawan melalui hero-hero yang andalan mereka. Seperti, Drow Ranger, Venomancer, dan Templar Assassin. Di mana, pada putaran kedua, Filipina kembali memasukan Drow Ranger ke dalam salah satu hero yang digunakan.

Pada pertandingan kedua sebenarnya Thailand berhasil mengurangi serangan brutal yang dilakukan Drow Ranger. Sebagai tandingannya, mereka memasukan team combo. Dengan menggunakan Faceless Void, Lich, dan Tidehunter, Thailand menunjukan perlawanannya.

Serasa sudah di atas angina, Thailand terus melancarkan serangan demi serangan di game ketiga. Awalnya, rencana mereka berjalan dengan mulus. Filipina hampir saja dipukul mundur dengan serangan cepat mereka.

Sayangnya, Filipina sudah mengerti celah yang dibuat oleh Thailand. Dengan gesitnya, Filipina langsung membalikan arah serangan menuju ke tim Thailand. Comeback itu membuat Filipina berhasil memenangkan pertandingan ketiga.

Dengan susah payah, Thailand memaksa Filipina untuk menghadapi laga berikutnya. Seakan tak ingin kembali bereksperimen, Thailand memasukan hero-hero yang sudah familiar untuk menghadapi Filipina di putaran terakhir tersebut. Thailand memasukan Drow Ranger, Viper, dan Lich sebagai basic team fight mereka.

Di awal, strategi itu memang berhasil memukul mundur Filipina. Tapi di akhir laga justru Filipina berhasil membalikan keadaan. Impian Thailand untuk membawa medali emas kedua pun harus pupus. Filipina berhak menjadi juara dan merebut emas.

Thailand sebelumnya sudah merebut emas di kategori Arena of Valor (AOV). Mereka sangat ingin meraih emas kedua dari kategori DOTA 2. Dari hasil itu, sejauh ini Thailand hanya membawa pulang satu medali emas dari AOV, perunggu dari MLBB, dan perak dari DOTA 2. Sedangkan Filipina, mendapatkan 2 medali emas dari MLBB dan DOTA 2.(*)

 

Related Articles
Sport
Keren! Indonesia Kirim Wasit Esports ke SEA Games

Sport
Jadwal Lengkap Timnas U-23 di SEA Games 2019

Sport
Thailand Raih Emas Kedua SEA Games 2019, Filipina Sudah Ketiga