Sport

Waktunya Indonesia Juara

Shava

Posted on December 10th 2019

Kembali ke 4 Desember 1991. Merah Putih dikibarkan di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina. Pada saat itu, tim nasional Indonesia berhasil membawa pulang medali emas SEA Games seusai mengalahkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Selang 28 tahun, pada bulan yang sama, negara yang sama, dan di stadion yang sama, tim nasional Indonesia berjuang untuk mengulang sejarah. Selasa (10/12) malam ini mereka akan bertanding melawan Vietnam pada final SEA Games 2019.

Kedua tim melangkah ke laga puncak setelah menang meyakinkan di fase semifinal. Vietnam menghajar Kamboja dengan skor telak 4-0. Sedangkan Indonesia menjungkalkan Myanmar dengan kedudukan akhir 4-2.

Vietnam pernah mengalahkan Indonesia di babak grup dengan skor 2-1, Minggu (1/12) lalu. Indonesia unggul lebih dulu melalui Sani Rizki Fauzi. Vietnam membalas lewat Nguyen Thanh Chung, dan Nguyen Hoang Duc.

Striker Indonesia, Osvaldo Haay, dan penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh sama-sama mengoleksi delapan gol di turnamen ini. Keduanya kini menduduki posisi puncak dalam daftar pencetak gol terbanyak.

Osvaldo Haay mengatakan, seluruh komponen di tim Indonesia akan berjuang maksimal untuk meraih kemenangan atas Vietnam. Penggawa Persebaya Surabaya ini mengaku dalam kondisi bugar untuk bentrok di final.

“Saya tidak peduli dengan urusan rekor pribadi, atau gelar top score. Yang penting kita harus menang di final,” tegas pemain berdarah Banyuwangi tersebut.

Semangat Osvaldo juga ditunjukkan oleh Evan Dimas Darmono. Arek Suroboyo itu siap habis-habisan demi kejayaan Merah Putih. “Kami akan berusaha membawa pulang medali emas ke Indonesia. Kami mohon doa restunya,” ucap Evan.

Evan Dimas seperti deja vu dengan final Piala AFF U-19 2013 silam. Pada saat itu Indonesia sempat kalah dari Vietnam di babak grup. Kedua tim kemudian bertemu kembali di final. Indonesia pun menang dalam drama adu penalti.

“Kemenangan itu (final AFF U-19 2013.red) tak akan pernah saya lupakan. Semoga saja kami bisa mengulang cerita ini di Filipina,” harap Evan kepada Mainmain.id.

Related Articles
Sport
Eksklusif! Begini Kondisi Evan Dimas Setelah Diterjang Pemain Vietnam

Sport
Indra Sjafri Siap Latih Timnas Senior

Sport
Jadwal Lengkap Timnas U-23 di SEA Games 2019