Sport

Korbankan Medali Emas Demi Selamatkan Atlet Indonesia

Shava

Posted on December 9th 2019

 

Olahraga tidak melulu urusan kalah, dan menang. Juara, dan tidak juara. Olahraga juga erat kaitannya dengan masalah kemanusiaan. Seperti yang terjadi di cabang olahraga berselancar longboard SEA Games 2019.

Atlet selancar asal Filipina, Roger Casugay membuang peluang untuk medali emas demi menolong atlet Indonesia, Arip Nurhidayat. Arip terjatuh dari papan seluncurnya, dan termakan oleh gulungan ombak besar.

Kala itu tali pengikat Arip Nurhidayat dari Indonesia terlepas, dan dia jatuh dari papannya. Melihat kejadian itu, Roger Casugay dari Filipina langsung datang untuk menyelamatkannya. Ia membuang peluang untuk meraih emas, demi menyelamatkan atlet Indonesia.

Dalam sebuah wawancara dengan Rappler dan CNN, Casugay menolak disebut sebagai pahlawan. "Saya tidak benar-benar menyelamatkannya dari tenggelam. Dia perenang yang baik. Saya hanya berusaha menenangkannya," ucap Casugay.

Casugay menambahkan, sudah sepatutnya ia datang ketika ada seorang yang membutuhkan bantuan. "Saya tidak berpikir tentang kemenangan. Saya merasa lega bahwa kami berdua aman. Kami sangat gembira ketika sampai di pantai," imbuhnya.

Aksi heroik Roger Casugay mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. "Memenangkan kompetisi, dan menjunjung sportivitas itu penting. Tapi kemanusiaan di atas segalanya," tulis Jokowi dalam akun Twitter miliknya

"Apresiasi saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," imbuh Jokowi.(*)

Related Articles
Sport
Timnas Mobile Legends dan Tekken 7 Raih Medali Perak di Uji Coba SEA Games

Sport
Tim Polo Air Putra Meraih Emas Pertama untuk Kontingen Indonesia

Sport
Atlet Esports Tekken 7 Malaysia ini Latihan 4 Jam Sehari demi SEA Games