Current Issues

'HomeCourt', Aplikasi Artificial Intelligence yang Bisa Pantau Skill Basketmu

Bramantyo Brata

Posted on December 9th 2019

Makin banyak teknologi yang menunjang aktivitas berolahraga. Termasuk yang satu ini, sangat bermanfaat banget untuk mereka yang hobi basket. Lewat teknologi ini, kalian bisa meng-improve gaya latihan kamu.

Teknologi itu dibuat oleh perusahaan bernama NEX Team. Mereka mengembangkan aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI). Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengukur kemampuan basketmu secara instan. Aplikasi HomeCourt ini bisa kamu terapkan di smartphone kamu. Sayangnya untuk versi awal hanya pengguna iOS terlebih dahulu yang bisa mencoba aplikasi ini.

Nah, sekarang kalian ingin tau kan cara kerja aplikasi ini? Yap, kamu hanya perlu meletakkan smartphone kamu yang sudah ter-install aplikasi HomeCourt di pinggir lapangan.

Selanjutnya arahkan kamera ke tempat dimana kamu akan melakukan shooting. Bisa melalui garis free-throw, three point, atau tembakan dua angka dari segala titik.

Aplikasi ini akan merekam berapa percobaan shooting yang kamu lakukan dan berapa kali kamu bisa memasukan bola ke dalam ring. Selanjutnya akan ada evaluasi dan anjuran yang harus kamu lakukan untuk membuat kemampuan shooting kamu lebih baik lagi.

Karena HomeCourt tersambung dengan internet, kamu bisa melihat progres latihanmu yang nantinya dirangkum dalam peringkat dunia. Di situ kamu juga bisa melihat orang-orang lain dengan progres latihan mereka masing-masing. So, aplikasi ini bisa jadi alat untuk memotivasi kalian juga kan.

Selain latihan shooting, kamu juga bisa melakukan drill lainnya seperti dribble atau posisi defense yang baik dengan mengikuti arahan HomeCourt. Banyak YouTuber luar negeri yang sudah mulai mencoba aplikasi ini gengs, coba deh kalian cek dulu di YouTube.

David Lee, CEO NEX Team menegaskan, perusahaannya bukan bergerak di bidang bola basket atau semacamnya. “HomeCourt adalah sebuah aplikasi pelatihan basket yang setidaknya bisa membantu para pemain remaja dan usia lainnya untuk berlatih dengan cara yang baik. Kami juga menampilkan progres di sana yang bisa dilihat perkembangannya,” ujarnya.

Ia dan NEX Team berharap aplikasi ini bisa mencetak bakat baru dalam olahraga basket serta menambah angka calon pemain basket profesional. Selain itu HomeCourt juga bisa dikembangkan menjadi aplikasi yang digunakan dalam suatu komunitas basket.

Gimana gengs? Sudah tertarik untuk mencoba HomeCourt sebagai arahan untuk latihan basket kamu? Untuk kalian yang memiliki minat di cabang olahraga lainnya. Tenang saja, NEX Team rencananya juga akan membuat aplikasi AI macam ini untuk golf dan tenis.(*)

Related Articles
Sport
9 Signature Shoes Bintang NBA ini Cocok Kalian Koleksi

Sport
HomeCourt Gratiskan Seluruh Fiturnya Agar Kalian Tetap Belajar Basket di Rumah

Interest
3 Pelajaran Penting dari Kehidupan Kobe Bryant