Interest

Ini Cara Bikin Spotify Wrapped Bagi Pengguna non-Premium

Drian Bintang

Posted on December 6th 2019

Spotify kembali keluarkan fitur Wrapped di penghujung tahun 2019 ini. (Spotify)

 

Mencapai penghujung tahun 2019, Spotify sudah menyiapkan rangkuman lagu apa saja yang sudah kalian dengarkan selama setahun. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Spotify juga menyertakan podcast yang paling sering kalian dengar juga lho. Mau tahu bagaimana caranya membuat Spotify Wrapped meskipun nggak premium? Tim mainmain.id sudah merangkum caranya buat kalian!

Hal pertama yang harus kalian lakukan tentunya membuat akun di Spotify. Bagi kalian yang selama ini denger Spotify as a guest, atau malah numpang premium punya temen? Mantan? Ini saatnya kalian membuat akun baru di Spotify. Sayangnya, fitur ini tidak akan akurat jika kalian baru melakukan pendaftaran baru-baru ini. Jadi better luck next time ya.

Untuk kalian yang sudah memiliki akun Spotify, biasanya kalian akan memiliki notifikasi yang muncul di bagian atas Spotify kalian. Di situ, kalian tekan saja tulisan Spotify Wrapped-nya. Secara sendirinya, Spotify akan membuat jajaran story persis seperti di Instagram. Kalian hanya perlu memilih kira-kira slide mana yang akan kalian pilih untuk dibagikan di story Instagram kalian.

Nah, untuk kalian yang tidak memiliki Spotify Premium, mungkin Spotify kalian akan memunculkan ikon yang sama soal Spotify Wrapped. Namun, ikon tersebut tidak akan secara langsung menghubungkan kalian kepada story di dalam aplikasi penyedia layanan musik tersebut.

Eits, tapi jangan takut. Ada jalan lain kok, bagi kalian yang ingin nge-hits tapi tidak perlu mengeluarkan duit. Caranya gampang saja, kalian langsung bukan browser kalian yang ada di handphone kalian masing-masing. Lalu kunjungi www.spotify.com/id/wrapped. Setelah masuk ke halaman tersebut, kalian pasti akan langsung disuguhi dengan countdown dari 10 tahun terakhir.

 

Ini merupakan laman pertama yang akan kalian lihat di website Spotify Wrapped di Browser kalian. (Spotify)

 

Setelah masuk ke halaman tersebut, kalian langsung saja log in menggunakan email yang kalian gunakan di Spotify. Setelah masuk, kalian akan disuguhi dengan tab bertuliskan ‘Mari Kita Mulai’. Tinggal tekan tab tersebut, untuk membuat story tentang apa saja yang sudah kalian dengarkan selama setahun ini. Tidak hanya itu, kalian juga bisa melakukan flashback terhadap siapa saja artis dan musik apa saja yang sudah kalian dengarkan selama 1 dekade ke belakang.

Tidak hanya musik, kali ini Spotify juga memberikan kalian pilihan untuk merangking podcast apa saja yang sudah kalian dengarkan. Tapi tentu saja daftar tersebut, tidak akan keluar. Jika kalian memang tidak pernah mendengarkan satu pun podcast. Ini hanya diperuntukan bagi mereka yang memang sering mendengar podcast.

Bagi kalian para pengguna Spotify non Premium, tentunya kalian akan kebingungan ketika memencet tombol share atau bagikan yang ada di Browser kalian. Karena tombol tersebut, dengan otomatis menyambungkan kalian kepada aplikasi Spotify yang ada di handphone kalian. Karena kalian bukan pengguna premium, maka kalian akan tetap dengan glitch yang sama. Dengan tidak bisa membuka spotify wrapped yang ada di dalam aplikasi. Cara satu-satunya untuk membuat postingan di Instagram adalah dengan melakukan screenshot alias penangkapan layar ketika story tersebut nampak di browser kalian. Memang sih, lebih ribet dari pengguna premium. Tapi ya untuk gratisan, memang harus ada effort lebih, hehehe... (*)

Related Articles
Interest
Hasil Spotify Wrapped, Tulus dan Fiersa Besari Paling Laris di Indonesia

Entertainment
Website Satu Ini Bakal Ngeroast dan Nilai Betapa Jelek Selera Musik Spotify Kita

Tech
Yuk Pamer Apa Aja yang Kamu Dengerin Selama Setahun di Spotify Wrapped 2020!